5 Manfaat Buah-buahan untuk Kesehatan Tubuh

Konten dari Pengguna
12 Agustus 2021 17:07
·
waktu baca 1 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral. https://www.freepik.com/
zoom-in-whitePerbesar
Buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral. https://www.freepik.com/
ADVERTISEMENT
Manusia butuh berbagai gizi yang diperlukan oleh tubuhnya. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh dengan cara mengkonsumsi buah-buahan. Mengkonsumsi buah-buahan selain melengkapi gizi tubuh, juga mencegah dan mengurangi resiko terserang penyakit. Lantas apa saja manfaat buah-buahan? Berikut penjelasannya.
ADVERTISEMENT

5 Manfaat Buah-Buahan untuk Kesehatan Tubuh

Mengutip buku berjudul Khasiat Buah dan Sayur karangan dr. Setiawan Dalimartha, ‎dr. Felix Adrian (2011: 5) buah-buahan memiliki kandungan dan khasiat melebihi suplemen yang beredar di pasaran. Selain itu kandungan dalam buah-buahan sangat menyehatkan tubuh. Mengkonsumsi buah setiap hari dapat menjadikan tubuh kita bugar.
Ada banyak alasan yang mengharuskan orang-orang untuk mengkonsumsi buah-buahan secara rutin.
Manfaat dari buah-buahan bagi kesiehatan diantaranya:
1. Buah Mengandung Vitamin dan Mineral yang Diperlukan Tubuh
Manfaat makan buah yang paling besar adalah sumber nutrisi tubuh. Buah merupakan gudang nutrisi yang sangat diperlukan tubuh seperti vitamin dan mineral. Salah satunya adalah vitamin C yang memainkan multifungsi sistem, imun, kesehatan jantung, kesehatan mata, kesehatan kulit hingga baik untuk kehamilan.
ADVERTISEMENT
2. Menurunkan Resiko Penyakit
Sesorang yang rutin mengkonsumsi buah-buahan setiap hari menurunkan resiko penyakit jantung hingga 7%. Selain itu mengkonsumsi buah-buahan mengendalikan kontrol glikemik pada penderita penyakit diabetes. Dengan memakan buah secara rutin dapat menurunkan resiko kesehatan mulai dari sakit kepala, peradangan, penyakit jatung, kanker dan diabetes.
3. Menurunkan Berat Badan
Ilustrasi wanita yang sedang memakan apel untuk diet. https://www.freepik.com/
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi wanita yang sedang memakan apel untuk diet. https://www.freepik.com/
Memakan buah memberi sensasi rasa kenyang pada perut. Selain itu buah-buahan pada umumnya mengandung kadar serat dan air yang tinggi sehingga perut akan terasa penuh dan memperlancar BAB. Buah apel dan jeruk lebih memberikan rasa lebih kenyang dibandingkan daging dan telur.
4. Mencegah dan Mengobati Kanker
Buah-buahan yang kaya akan mineral, vitamin, serat dan antioksidan. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat memperkuat tubuh serta meningkatkan sistem imun dalam tubuh dalam melawan berbagai penyakit secara alami, termasuk dalam mengobati penyakit kanker.
ADVERTISEMENT
5. Meningkatkan Energi
Buah-buahan memiliki kandungan gula yang baik untuk tubuh. Gula berfungsi sebagai sumber energi untuk proses fisiologi tubuh. Tanpa gula organ tubuh tidak akan berjalan secara normal, terutama otak.
Begitu banyak manfaat dari buah-buahan. Memakan buah-buahan secara rutin untuk mendapatkan kebaikan secara maksimal. Namun perlu diperhatikan untuk tidak memakan buah-buahan secara berlebihan, terutama pada seseorrang yang memiliki riwayat penyakit diabetes yang intoeransi terhadap fruktosa (gula pada buah). (MZM)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Galaxy Z Fold4 I Z Flip4 5G