Arti Al Khabir dalam Asmaul Husna dan Cara Meneladaninya

Konten dari Pengguna
19 Desember 2023 21:04 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Arti Al Khabir dalam Asmaul Husna, Sumber Unsplash David Monje
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Arti Al Khabir dalam Asmaul Husna, Sumber Unsplash David Monje
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Al Khabir adalah salah satu nama Allah di antara 99 Asmaul Husna. Nama ini perlu dipahami oleh umat muslim untuk meningkatkan keimanan. Itulah mengapa pembahasan mengenai arti Al Khabir dalam Asmaul Husna dibutuhkan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, cara meneladani nama ini juga perlu dipelajari. Dengan demikian, umat muslim bisa melakukan hal baik terkait nama tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Arti Al Khabir dalam Asmaul Husna

Ilustrasi Arti Al Khabir dalam Asmaul Husna, Sumber Unsplash Madrosah Sunnah
Menurut buku 99 Langkah Menuju Berkah, Febrina Arisha (2020: 10, Asmaul Husna ialah nama-nama terbaik yang disandarkan pada sifat-sifat Allah Swt. Namun, sifat-sifat tersebut tidak sama dengan sifat manusia.
Salah satu nama dalam Asmaul Husna adalah Al Khabir. Arti Al Khabir dalam Asmaul Husna adalah Maha Mengetahui atau Maha Teliti. Jadi Allah bisa mengetahui semua hal yang terjadi di Bumi maupun di langit hingga detailnya.
Dengan demikian, tak ada satupun yang luput dari penglihatan Allah sekecil apapun. Bahkan, ketika sesuatu hal tersebut disembunyikan hingga tak ada yang tahu.
ADVERTISEMENT
Itulah mengapa Allah bisa mengetahui seluruh perbuatan manusia di muka Bumi meskipun jumlahnya sangat banyak. Allah pun tahu apa yang ada di dalam isi hati setiap manusia tanpa diutarakan sekalipun. Tak hanya itu saja, Allah tahu hal-hal yang belum terjadi dan masih direncanakan.

Cara Meneladani Al Khabir

Ilustrasi Arti Al Khabir dalam Asmaul Husnan Sumber Unsplash Anis Coquelet
Memahami arti Al Khabir tidaklah cukup bagi umat muslim jika tak diteladani dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa caranya yang bisa diterapkan.
ADVERTISEMENT
Arti Al Khabir dalam Asmaul Husna beserta cara meneladaninya menurut ajaran Islam ini bisa dijadikan pelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian tak hanya keimanan saja yang meningkat, namun juga perbuatan baik dan amal soleh. (LOV)