News
·
22 Januari 2021 20:06

Atmosfer dan Fenomena Alam yang Terjadi di Lapisannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Atmosfer dan Fenomena Alam yang Terjadi di Lapisannya (880666)
searchPerbesar
Aurora Foto: dok. The Guardian
Atmosfer merupakan lapisan di mana tempat terjadinya berbagai fenomena alam yang indah.
ADVERTISEMENT
Langit bumi yang terdiri dari beberapa lapis atmosfer ini memiliki berbagai macam fungsi, salah satunya sebagai pelindung bumi dari jatuhnya benda langit sebelum sampai pada permukaan bumi.
Berikut ini adalah sederet fenomena alam yang terjadi di lapisan atmosfer.

Atmosfer dan Fenomena Alam yang Terjadi di Lapisan Atmosfer

Atmosfer yang merupakan lapisan gas yang melingkupi bumi yang mengandung beberapa komposisi, reaksi kimia dan juga ionisasi. Lapisan atmosfer terletak pada ketinggian sekitar 560 km dari atas permukaan bumi. Atmosfer yang berperan penting terhadap kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya di permukaan bumi ini ternyata juga merupakan tempat terjadinya beberapa fenomena alam.
Atmosfer dan Fenomena Alam yang Terjadi di Lapisannya (880667)
searchPerbesar
Fenomena Matahari Kembar atau Sun Dog Foto: dok. SurferToday.com
Fenomena alam yang terjadi di lapisan atmosfer cukup banyak. Fenomena alam di langit tersebut terjadi karena beberapa sebab, bergantung pada fenomena apa yang terjadi di lapisan atmosfer tersebut. Fenomena alam pertama yang terjadi di lapisan atmosfer adalah aurora. Aurora yang sudah sangat akrab di telinga kita ini merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi pada lapisan atmosfer.
ADVERTISEMENT
Aurora yang disebut dengan cahaya berdansa ini merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi di kutub utara atau selatan. Aurora terjadi karena adanya angin surya yang membawa partikel berupa proton dan elektron yang mempengaruhi atmosfer bumi. Saat bercampur dengan oksigen atau nitrogen di atmosfer memunculkan aliran listrik dan memunculkan beberapa warna yang sangat indah di langit.
Fenomena alam lainnya adalah pelangi api. Fenomena ini cukup langka terjadi di permukaan atmosfer. Pelangi api ini muncul dengan warna pelangi namun dalam bentuk seperti api. Fenomena ini terjadi karena adanya awan cirrus yang berbentuk kristal lalu kemudian memantulkan cahaya matahari dalam sudut khusus. Fenomena ini langka karena kondisi langit yang harus dipenuhi cukup langka terjadi secara bersamaan.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya ada fenomena matahari kembar atau sun dog. Fenomena alam yang memiliki nama lain Parhelion ini dapat dilihat oleh mata telanjang. Fenomena yang menampilkan matahari seolah-olah ada lebih dari satu ini cukup unik. Kejadian alam ini terjadi karena es heksagonal yang terbentuk di langit yang memantulkan cahaya matahari lalu kemudian membentuk matahari lebih dari satu.
Itu dia ulasan singkat mengenai atmosfer dan kejadian alam yang terjadi di lapisannya. Semoga dapat menambah wawasan Anda mengenai fenomena alam yang terjadi di langit dan juga di permukaan bumi. (DA)