Cara Kerja Sistem Steering atau Power Steering Mobil untuk Dipahami

Konten dari Pengguna
15 September 2023 20:49
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi sistem steering atau power steering. Foto: Unsplash/Meghan Schiereck
ADVERTISEMENT
Pada sebuah mobil, terdapat banyak sistem yang ada di dalamnya, salah satunya adalah sistem steering atau power steering. Fungsi power steering adalah untuk memudahkan para pengemudi dalam mengendalikan mobilnya.
ADVERTISEMENT
Tak mengherankan jika sistem steering menjadi salah satu fitur wajib di mobil modern sekarang. Namun yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara kerja dari sistem steering?

Pengertian Sistem Steering serta Kelebihan dan Kekuranannya

Ilustrasi pengertian sistem steering atau power steering. Foto: Unsplash/Takahiro Taguchi
Pada kendaraan dengan sistem kemudi (steering system) memiliki fungsi untuk mengatur arah dari kendaraan, dengan cara membelokkan roda depan.
Ada juga beberapa kendaraan yang membelokkan dengan roda belakang seperti carlift. Namun, untuk kendaraan jenis penumpang, sistem kemudinya dengan membelokkan roda depan.
Dikutip dari buku Sistem Kemudi, Rem dan Suspensi, Hasan Maksum dan Wawan Purwanto (2021), sistem kemudi ini memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut.

Kelebihan

ADVERTISEMENT

Kekurangan

Cara Kerja Sistem Steering atau Power Steering

Ilustrasi cara kerja sistem steering atau power steering. Foto: Unsplash/Chinmay Jade
Sebelum ke penjelasan cara kerja sistem steering atau power steering, terdapat beberapa komponen yang menyusunnya, sebagai berikut:

Steering Wheel (Roda Kemudi)

Roda kemudi berfungsi menerima langsung gaya putar dari pengemudi untuk membelokkan roda ke kiri atau ke kanan.

Steering Column

Steering column terdapat poros utama (main shaft) untuk meneruskan putaran dari steering wheel ke steering gear. Komponen ini berfungsi untuk menyerap energi dorong ketika terjadi kecelakaan, sehingga steering column bergerak turun saat terjadi kecelakaan.
ADVERTISEMENT

Steering Gear

Steering gear berfungsi untuk meneruskan gaya putar dari steering column, di mana gaya putar tersebut diubah menjadi gerakan melintang ke kiri maupun ke kanan.
Pada steering gear terdapat kombinasi gear ratio dan gigi reduksi. Fungsinya untuk memperbesar momen agar kemudi jadi lebih ringan digerakan.

Steering Linkage (Sambungan Kemudi)

Komponen ini berfungsi untuk meneruskan tenaga gerak dari steering gear ke roda. Jenis dari steering linkage terdiri dari beberapa jenis, di mana setiapnya memiliki berbentuk yang berbeda yang dapat mempengaruhi kestabilan.
Adapun cara kerja dari kendaraan yang menggunakan fitur sistem steering atau power steering yakni:
ADVERTISEMENT
Itulah penjelasan singkat tentang cara kerja sistem steering atau power steering. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang komponen yang ada di mobil.(MZM)
editor-avatar-0