News
·
11 Agustus 2021 15:38
·
waktu baca 2 menit

Cara Memaknai 5 Hari Besar Agama Islam bagi Umat Muslim

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Cara Memaknai 5 Hari Besar Agama Islam bagi Umat Muslim (11748)
searchPerbesar
Ilustrasu perayaan tahun baru islam. https://www.freepik.com/
Setiap umat beragama pasti memiliki hari besar keagamaan. Tidak terkecuali dengan umat Islam di seluruh dunia. Setiap hari besar memiliki makna yang berarti. Berikut adalah cara memaknai 5 hari besar agama Islam.
ADVERTISEMENT

Memaknai Hari Besar Agama Islam

Dalam satu tahun Islam atau Hijriyah, terdapat hari-hari besar dari peristiwa-peristiwa penting dalam perkembangan ajaran Islam. Ada berbagai macam perayaan untuk memperingati hari-hari besar tersebut, namun sebagai umat muslim yang baik, memaknai hari-hari besar sebaiknya dengan hal-hal yang baik.
1. Tahun Baru Hijriyah
Tahun baru Hijriyah dibuat berdasarkan hijrahnya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Mekkah menuju Madinah karena perintah Allah SWT. Allah berfirman dalam surat Al-Ankabut ayat 56 yang artinya:
“Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman! Sesungguhnya, bumi-Ku adalah luas, maka hanya kepada-Ku saja supaya kamu beribadah”.
Merayakan tahun baru Hijriyah dapat dimaknai dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT walaupun terdapat berbagai cobaan seperti Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam hijrah karena adanya siksaan dan tekanan dari kaum Quraisy. Selain itu, . mengevaluasi apa saja yang telah dilakukakan dan jadikan sebagai pembelajaran juga memperbanyak amalan kepada Allah SWT.
ADVERTISEMENT
2. Maulid Nabi Muhammad
Maulid Nabi Muhammad shallallahu ‘alahi wa sallam merupakan peringatan kelahiran Nabi Muhammad yang jatuh pada 12 Rabiul Awal. Memaknai maulid Nabi Muhammad tidak hanya dengan mengenang, tetapi meneladani sifat dan pengorbanan Nabi Muhammad terhadap umat muslim dengan cara memperbanyak bersholawat Nabi.
3. Isra Miraj
Mengutip dari buku Di Balik 7 Hari Besar Islam karangan Muhammad Sholikhin (2012: 64) Allah memerintahkan Nabi Muhammad dengan ditemani malaikat jibril menuju Sidratul Muntaha untuk menerima wahyu. Isi wahyu tersebut adalah perintah kepadsa seluruh umat muslim untuk melaksanakan shalat lima waktu.
Memaknai Isra Miraj dengan memperbanyak ibadah dan tidak meninggalkan shalat lima waktu seperti perintah Nabi Muhammad yang pergi ke Sidradul Muntaha. Mukjizat dan rezeki Allah datang di segala arah walaupun tidak bisa dilogika oleh manusia. oleh karena itu untuk meminta hanya kepada Allah SWT.
ADVERTISEMENT
4. Idul Fitri
Cara Memaknai 5 Hari Besar Agama Islam bagi Umat Muslim (11749)
searchPerbesar
Ilustrasi keluarga yang merayakan Idul Fitri. https://www.freepik.com/
Dikutip dari buku berjudul Mengenal Hari-Hari Besar Islam karangan Marfu’ah, S.Ag. (2020: 1) Idul Fitri dirayakan seluruh umat muslin pada 1 Syawal. Sebelum merayakan Idul Fitri, diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh. Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 183 yang artinya “wahai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan kepadamu berpuasa sebagaimana (puasa itu) telah diwajibkan kepada orang-orang sebelum kamu, agar kamu sekalian bertaqwa".
Idul Fitri dapat dimaknai dengan memperbanyak ibadah walaupun banyak godaan dan ujian yang ada yang pada akhirnya akan mendapat imbalan yang besar juga mendapatkan surga Allah.
5. Idul Adha
Hari besar terakhir adalah Idul Adha. Idul Adha dirayakan pada 10 Dzulhijjah yaitu dengan memotong hewan kurban. Idul Adha juga bermakna bahwa orang yang memiliki rezeki lebih untuk menyumbangkan sebagian hartanya dalam bentuk hewan kurban yang kemudian diberikan kepada fakir dan miskin untuk mendapat ridha Allah.
ADVERTISEMENT
Peringatan hari besar agama Islam tidak perlu berlebih-lebihan. Memperingati hari besar paling tepat dengan cara memperbanyak amal ibadah kepada Allah dan menjauhi segala yang dilarang. (MZM)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020