News
·
5 April 2021 9:46

Cara Membuat Magnet Sendiri dengan Alat dan Bahan yang Sederhana

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Cara Membuat Magnet Sendiri dengan Alat dan Bahan yang Sederhana (1096826)
searchPerbesar
Sumber foto : https://unsplash.com/
Magnet merupakan salah satu benda yang sering kita temui di kehidupan sehari-hari misalnya pada speaker yang ada di rumah, di bagian belakangnya ada magnet besar. Magnet pertama kali ditemukan oleh orang Yunani bernama Magnesi dalam bentuk magnet alami yaitu berbentuk batu.
ADVERTISEMENT
Jika dikelompokkan berdasarkan cara membuatnya, magnet dibagi menjadi dua yaitu magnet alami dan magnet buatan. Magnet alami biasanya terbentuk karena proses alami di alam, misalnya magnet bumi dan batu magnesian yang terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia.
Sedangkan magnet buatan merupakan magnet yang dibuat secara sengaja oleh manusia untuk berbagai kebutuhan misalnya untuk alat-alat elektronik, dinamo, alat ukur, dan lain sebagainya. Magnet buatan sendiri banyak bentuknya ada yang berbentuk batang, tabung, jarum huruf u, dan ladam atau tapal kuda dengan masing-masing tujuan.

Cara Membuat Magnet dengan Alat Sederhana

Dikutip dari buku Buku Pintar Fisika SMP untuk Kelas 1,2, &3, Drs. Joko Untoro, (2008: 236) ada tiga cara membuat magnet yaitu :
ADVERTISEMENT
1. Dengan cara menggosok
Untuk membuat magnet yang pertama, bisa dengan cara menggosok sebuah benda magnetis dengan magnet. Gosokan kutub sebuah magnet pada besi atau baja. Semakin banyak gosokan yang dilakukan, semakin kuat sifat kemagnetan besi atau baja tersebut. Akan tetapi, sifat kemagnetan ini juga berlangsung sementara.
2. Dengan cara induksi (didekatkan tanpa menyentuh)
Membuat magnet dengan cara induksi ini cukup mudah yaitu dengan mendekatkan atau menempelkan suatu benda dengan magnet sehingga benda tersebut berubah menjadi magnet. Benda magnetis yang didekatkan dengan magnet akan berubah sifatnya menjadi magnet namun sifatnya hanya sementara dan kemagnetannya bisa hilang.
3. Dengan menggunakan arus listrik
Membuat magnet juga bisa dengan cara mengalirkan arus listrik ke benda magnetis, arus listrik ini akan menimbulkan medan magnet. Magnet yang terbentuk karena dialiri arus listrik disebut elektromagnet. Sifat kemagnetan benda yang dialiri arus listrik berlangsung sementara. Ketika arus listrik terputus, sifat kemagnetan benda akan hilang.
ADVERTISEMENT
Demikian adalah tiga cara membuat magnet sederhana yang bisa dicoba di rumah, semoga informasi ini bermanfaat. (WS)