Cara Menjahit Celana Sobek tanpa Mesin Jahit

Konten dari Pengguna
28 Februari 2022 18:01
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Menjahit Celana Sobek, Foto: Unsplash/Alisa Anton
zoom-in-whitePerbesar
Cara Menjahit Celana Sobek, Foto: Unsplash/Alisa Anton
ADVERTISEMENT
Bagian selangkangan di celana jeans sering sobek? Kalau iya, maka kamu perlu tahu cara menjahit celana sobek tanpa mesin jahit. Jadi, kamu tak perlu membeli celana baru jika celanamu sobek.
ADVERTISEMENT

Cara Menjahit Celana Sobek tanpa Mesin Jahit

Cara Menjahit Celana Sobek, Foto: Unsplash/Tamara Bellis
zoom-in-whitePerbesar
Cara Menjahit Celana Sobek, Foto: Unsplash/Tamara Bellis
Dikutip dari buku Belajar Menjahit untuk Pemula 2, Khasanah El Zahra, (2014:52), berikut adalah cara menjahit celana yang sobek tanpa mesin jahit:
  • Potong Benang
Pertama, rapikan sisi-sisi lubang dengan memotong terlebih dahulu benang-benang yang terlepas dari bagian celana yang sobek. Dengan begitu, tidak akan ada lagi benang yang terlepas.
Saat melakukannya, berhati-hatilah agar tidak membuat lubang semakin besar. Cukup potong benangnya, bukan kain celananya, yah.
  • Masukkan Benang
Selanjutnya, masukkan benang ke dalam jarum dan buatlah simpul yang kuat di ujung ekor benang untuk menahan benang kain saat mulai menjahit.
Pastikan kamu telah memasang benang dengan baik, agar tak perlu mengulang-ulangnya.
  • Jahit Sisi Lubang
ADVERTISEMENT
Untuk mencegah lebih banyak benang yang terlepas, jahitlah sisi-sisi lubang. Segel tepian bagian yang sobek dengan melingkarkan benang di sekelilingnya dan ikat sampai rapat.
Pastikan kamu tidak menjahitnya terlalu dekat dengan tepian lubang, karena itu akan menyebabkan lebih banyak benang dari kain yang terlepas.
Meskipun tahapan ini bersifat opsional, tetapi tahapan ini bisa menghentikan terlepasnya benang-benang di sekeliling lubang dan menguatkan perbaikan yang dilakukan.
  • Jahit Celah di Kain
Terakhir, jahitlah celah di kain hingga menjadi rapat. Tekan dan pegang kain, agar sobekan di celana dapat tertutup dengan rapat.
Kemudian gunakan cara menjahit vertikal untuk merapatkannya. Mungkin diperlukan beberapa jahitan untuk membuatnya rapat. Mulailah jahitan dengan jarak 1 cm dari tepian lubang. Lanjutkan sampai melewati 1 cm dari sisi lain di lubang.
ADVERTISEMENT
Setelah melebihi panjang lubang, kecilkan jahitan. Tarik benang kuat-kuat, putuskan, dan rapikan, agar tidak ada benang yang terlepas. Mulailah jahitan sekitar 1 cm sebelum menjahit segel tepian lubang.
Nah, menjahit celana sobek tidak harus menggunakan mesin jahit, yah. Asal kamu punya niat dan tekad yang kuat, maka kamu bisa menjahit celana dengan tangan dan peralatan seadanya.