News
·
28 Juni 2021 17:01
·
waktu baca 1 menit

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet untuk Makalah

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet untuk Makalah (623489)
searchPerbesar
Ilustrasi cara menulis daftar pustaka dari internet. Sumber: Unsplash
Saat seseorang menuliskan makalah, maka orang tersebut juga perlu menyantumkan daftar semua sumber informasi yang ia gunakan lewat daftar pustaka. Daftar pustaka itu sendiri tentu bisa berasal dari banyak tempat, mulai dari buku, jurnal ataupun informasi dari internet. Berdasarkan sumber informasinya, maka cara menulis daftar pustaka dari internet ataupun buku-buku tersebut tentunya memiliki sedikit perbedaan.
ADVERTISEMENT
Jika sumber informasi yang ditulis dalam makalah berasal dari buku, maka umumnya daftar pustakanya akan ditulis dengan kaidah “NA-TA-JU-KO-PEN”, yakni dengan menulis nama penulis, tahun terbit buku, judul buku, kota diterbitkannya buku, dan nama penerbitnya. Sedangkan cara menulis daftar pustaka dari internet biasanya dilakukan dengan menyantumkan nama laman/website, judul artikel, deskripsi artikel, tanggal artikel dibuat beserta tanggal kita mengaksesnya.

Cara Menulis Daftar Pusataka dari Internet

Selain cara menulis daftar pustaka dari internet tadi, maka menurut isi buku Metode Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah, (2000: 69), disebutkan bahwa kita juga dapat menuliskan hal-hal berikut pada daftar pustaka yang sumber informasinya berasal dari internet ataupun jurnal:
  • Menyantumkan nama penulis
  • Tahun penerbitan
  • Judul artikel
  • Nama majalah atau website dengan cetak miring atau digarisbawahi
  • Volume artikel dengan diikuti tanda titik dua (:)
  • Keterangan halaman yang dibaca atau dijadikan sumber informasi
ADVERTISEMENT
Adapun contoh dari cara penulisan tersebut ialah sebagai berikut:

Maxymiw W.G. dan Wood, R.E. 1989. The role of dentistry in patients undergoing bone marrow transplantation. British Dental Journal. 7:229.

Jika sumber informasi untuk makalah tersebut berasal dari artikel yang ditulis lembaga atau badan resmi, maka nama penulisnya bisa langsung diganti dengan nama lembaga. Misalnya saja seperti berikut:

WHO (World Healt Organization). 1978. Definition of leukoplakia and related lesions: an aid to studies on precancer. Oral Surg Oral Med Pathol 45:517-539.

Demikianlah ulasan singkat tentang cara menulis daftar pustaka dari internet yang perlu Anda ketahui dan terapkan dalam makalah ataupun karya ilmiah. Semoga informasi tadi dapat bermanfaat. (HAI)