Konten dari Pengguna

Ciri-Ciri Kecanduan Game Online yang Merugikan Diri Sendiri

20 November 2023 20:23 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Ciri-Ciri Kecanduan Game Online, sumber: unsplash/Oppo
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Ciri-Ciri Kecanduan Game Online, sumber: unsplash/Oppo
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ciri-ciri kecanduan game online perlu diketahui agar terhindar dari situasi tersebut. Bermain game boleh-boleh saja, asalkan waktunya dibatasi agar tidak mengganggu aktivitas lainnya.
ADVERTISEMENT
Para orang tua juga perlu mengetahui indikasi anak yang telah kecanduan game online. Tujuannya agar bisa mengingatkannya dan memberikan edukasi yang baik dalam bermain game tersebut.

Ciri-Ciri Kecanduan Game Online

Ilustrasi Ciri-Ciri Kecanduan Game Online, sumber: unsplash/ScreenPost
Mengutip buku Sosiologi Keluarga, Siti Mas’udah (2023), kecanduan game online merupakan tindakan penggunaan game yang berlebihan, impulsif, dan obsesif. Berikut adalah ciri-ciri kecanduan game online yang patut diwaspadai:

1. Obsesi Terhadap Game

Orang yang kecanduan game ditandai dengan obsesi yang begitu kuat pada objek tersebut. Otaknya seakan telah dipenuhi oleh game secara terus-menerus, bahkan ketika sedang melakukan aktivitas lainnya. Ketika berada di luar rumah, mereka tidak sabar ingin bermain game atau bahkan bisa bermain tanpa memedulikan lokasi dan situasi.

2. Prioritas yang Tidak Terkontrol

Orang yang kecanduan game juga tidak mampu mengelola skala prioritas dengan baik. Mereka mengabaikan atau bahkan mengorbankan aktivitas lain yang lebih penting. Misalnya, seperti sekolah, bekerja, berkumpul bersama keluarga, dan lain-lain.
ADVERTISEMENT

3. Kehilangan Kontrol

Ciri-ciri orang kecanduan game yang berikutnya adalah sulit mengontrol durasi bermain. Mereka dapat menghabiskan waktu berjam-jam tanpa menyadari waktu yang telah dicurahkannya untuk bermain.

4. Menggunakan Game sebagai Penghindar Stres

Jika sudah kecanduan game, biasanya seseorang akan menjadikan game kesukaannya sebagai pelarian. Apa pun masalah yang dihadapi, game merupakan cara terbaik baginya untuk terhindar dari stres. Hal ini membuat mereka tidak segan untuk lari dari konflik dan tidak melakukan penyelesaian masalah dengan matang.

5. Mengisolasi Diri

Sudah banyak kasus isolasi diri yang menimpa para pecandu game. Mereka lebih senang berada di dalam kamar dan berkutat dengan PC dibanding berinteraksi dengan orang lain, baik itu keluarga, tetangga, atau teman sepermainan. Mereka menarik diri dari pergaulan sosial dan lebih memilih fokus fokus pada game.
ADVERTISEMENT

6. Mengalami Gejala Fisik dan Emosional

Pada akhirnya, kecanduan game akan berdampak pada gejala fisik dan emosional. Beberapa gejala fisik yang dialami pecandu game yakni seperti kelelahan, gangguan tidur, hingga ketegangan otot. Adapun bentuk gangguan emosional yaitu perubahan mood yang ekstrem, mudah marah, mudah tersinggung, dan lain-lain.
Ciri-ciri kecanduan game online yang dibahas di atas patut diwaspadai agar setiap gamer dapat menjalani hidup dengan normal. Peran orang tua dan guru sangat penting dalam membentuk karakter anak agar terhindar dari kecanduan game. (DLA)