Jenis Profesi Kerja di Bidang Otomotif dan Gaji yang Didapatkan

Konten dari Pengguna
15 September 2023 17:32
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi profesi kerja di bidang otomotif. Foto: Unsplash/Tekton
ADVERTISEMENT
Profesi kerja di bidang otomotif kerap dijadikan pekerjaan impian oleh banyak orang. Hal ini karena gaji yang ditawarkan biasanya cukup menggiurkan.
ADVERTISEMENT
Selain itu juga, pekerjaan di bidang otomotif juga terbuka untuk banyak jenjang pendidikan, baik dari lulusan SMK hingga perguruan tinggi. Inilah yang membuat pekerjaan ini semakin menarik minat banyak orang.

Pengertian Otomotif

Ilustrasi pekerjaan di bidang otomotif. Foto: Unsplash/Karan Bhatia
Dalam KBBI, otomotif merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan sesuatu yang berputar dengan sendirinya (seperti motor dan sebagainya).
Sedangkan menurut Asep Abdul Salam dalam buku Pengertian Otomotif (2013), otomotif adalah berhubungan dengan sesuatu yang berputar dengan sendirinya (seperti motor dan sebagainya).
Dalam pelajaran otomotif, peserta didik akan mempelajari tentang perencanaan (product atau design), pengembangan (development), produksi (manufacturing) dan perawatan (maintenance). Inilah bidang-bidang yang banyak menjadi pekerjaan di industri otomotif.

Jenis-Jenis Profesi Kerja di Bidang Otomotif

Ilustrasi profesi kerja di bidang otomotif. Foto: Unsplash/Aaron Huber
Beberapa profesi kerja di bidang otomotif yang cukup popule dan banyak dilirik orang adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT

Teknisi Casting

Casting merupakan pekerjaan yang mengoperasikan berbagai mesin dan alat selama proses pembuatan suatu produk dengan cara pengecoran.

Teknisi Stamping

Teknisi ini bertugas untuk mengoperasikan mesin dan alat pres dalam membentuk logam sebagai bahan baku otomotif.

Teknisi Welding

Teknisi welding memiliki tugas untuk mengoperasikan mesin dan alat dalam menyatukan dua atau lebih logam.

Teknisi Assembly

Teknisi yang satu ini bertugas untuk mengoperasikan mesin atau alat dari beberapa komponen menjadi satu kesatuan.

Teknisi Maintenance

Teknisi maintenance bertugas untuk memelihara, memeriksa, merawat, mengganti, hingga membersihkan berbagai macam komponen untuk meningkatkan kualitas produk.

Teknisi Painting

Teknisi painting bertugas untuk menjalankan mesin atau alat untuk melapisi logam dengan cat agar produk yang dihasilkan lebih tahan lama dan anti karat.

Quality Control

Teknisi ini bertugas untuk mengecek secara mendalam, baik dari bodi, mesin, dan lainnya agar terhindar dari kesalahan dan menjaga kualitas produk.
ADVERTISEMENT

Modifikator

Selain teknisi, modifikasi menjadi salah satu kemampuan di bidang otomotif yang dibutuhkan. Tugas modifikator adalah mengubah atau menyesuaikan kendaraan sesuai dengan permintaan. Tujuannya agar performa kendaraan menjadi lebih baik.

Jurnalis

Majalah otomotif memiliki banyak peminat. Sehingga membutuhkan pekerja dengan kemampuan menulis yang baik dengan ilmu bidang otomotif mumpuni.
Adapun gaji yang didapatkan sekitar Rp. 4-6 juta per bulan. Apabila modifikator tergantung dengan jumlah kendaraan dan tingkat kesulitan yang dikerjakan.
Itulah jenis-jenis profesi kerja di bidang otomotif beserta gaji yang didapatkan. Dari beberapa jenis profesi kerja di atas, mana yang sesuai dengan keinginan?(MZM)