Konten dari Pengguna

Mengenal 4 Jenis Alat Berat Lengkap dengan Fungsinya

14 September 2023 18:49 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Jenis Alat Berat. (Sumber: Pixabay)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Jenis Alat Berat. (Sumber: Pixabay)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kualifikasi alat berat tentu saja dapat dibedakan berdasarkan fungsi utama alat. Jenis alat berat dapat dibedakan menjadi, alat pengolahan lahan, alat penggali, alat pengangkat material, alat pengangkut material, alat pemindahan material, alat pemadatan, alat perata permukaan tanah, pembuatan material, dan lainnya. Artikel ini akan membahas lebih lanjut untuk 4 jenis alat yang umum digunakan.
ADVERTISEMENT
Kelebihan penggunaan alat berat adalah waktu pengerjaan yang semakin cepat, mengurangi penggunaan tenaga manusia yang banyak, efisien, efektif, dan masih banyak nilai ekonomisnya. Perkembangan teknologi yang pesat di bidang material dan industri juga memberi pengaruh terhadap perkembangan kemajuan sarana angkat-angkut.

Jenis Alat Berat yang Umum Digunakan

Ilustrasi Jenis Alat Berat. (Sumber: Pixabay)
Alat berat adalah kendaraan berkapasitas besar yang sering ditemukan di lokasi pengerjaan proyek, baik untuk pekerjaan rehabilitasi, rekonstruksi, pekerjaan urugan, dan lain-lain. Dikutip dari buku Perencanaan Produktivitas Alat Berat Bagi Pemula, Masdiana, dkk (2023: 1), berikut adalah 4 jenis alat yang umum digunakan.

1. Alat Pengolahan Lahan

Apabila kondisi proyek masih natural dan belum diolah, masih terdapat semak atau pepohonan sehingga sulit untuk dilakukan pembersihan lahan. Alat berat yang tepaat untuk membuka dan membersihkan lahan adalah Dozer. Adapun pengangkatan lapisan tanah paling atas dapat menggunakan Scraper untuk membongkar dan menyusun tanah secara teratur.
ADVERTISEMENT

2. Alat Penggali

Alat yang berfungsi sebagai penggali adalah excavator. Beberapa alat berat yang digunakan untuk menggali tanah dan batuan adalah Front Shovel, Backhoel, dan Clamshell. Excavator digunakan untuk pekerjaan galian, memuat, mengangkat, menghancurkan, dan mengebor.

3. Alat Pengangkat Material

Crane adalah alat berat yang berfungsi untuk mengangkat dan mengangkut material. Gerakan Crane terbagi menjadi dua macam, yaitu gerakan vertikal untuk mengangkat material dan gerakan horizontal untuk memindahkan/mengangkut material dengan jangkauan yang lebih pendek.

4. Alat Pengangkut Material

Truk adalah kendaraan yang digunakan sebagai alat pengangkutan material, pengiriman, atau memindahkan barang. Jenis truk tergantung kebutuhan, fungsi, dan kegunaannya.
Pada umumnya jenis alat berat banyak digunakan di pekerjaan sipil karena tentu saja alat ini sangat membantu para pelaksana kontraktor. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat! (CHL)
ADVERTISEMENT