News
·
15 Maret 2021 15:15

Mengenal Unsur-Unsur Seni Rupa

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Mengenal Unsur-Unsur Seni Rupa (490430)
Unsur seni rupa, sumber foto : https://pixabay.com/
Pernah tidak kalian melihat lukisan atau gambar? Pastinya pernah kan, lukisan atau gambar tersebut tersusun oleh unsur-unsur seni rupa yang menyatu menjadi satu sehingga menciptakan sebuah karya seni yang memilki keindahan.
ADVERTISEMENT
Karya seni rupa sendiri merupakan bagian dari kesenian yang penerapannya memiliki bentuk dua dimensi atau tiga dimensi. Seni rupa juga merupakan ungkapan atau gagasan dan perasaan manusia yang diwujudkan melalui pengolahan media dan penataan elemen serta prinsip-prinsip desain.

Unsur-Unsur dalam Seni Rupa

Dari buku Estetika seni rupa Nusantara, Dharsono Sony Kartika (2007:96), seni rupa terdiri dari unsur-unsur yang menyusunnya, secara umum unsur-unsur seni rupa ada delapan yaitu:
1. Titik
Titik adalah unsur seni rupa yang paling dasar dan merupakan unsur yang paling kecil. Hampir semua karya seni rupa dimulai dengan titik, karena titik merupakan awal untuk membentuk garis ataupun bidang.
2. Garis
Garis adalah kumpulan titik yang terbentuk melalui goresan atau tarikan dari titik satu ketitik yang lainnya. Garis memiliki dimensi yang memanjang dan cenderung menuju ke arah tertentu. Garis memiliki sifat Panjang, pendek, tipis, tebal, lurus, melengkung, vertical, atau horizontal.
ADVERTISEMENT
3. Bidang
Bidang adalah unsur karya seni rupa yang terbentuk dari hubungan beberapa garis. Misalnya bidang segitiga yang terdiri dari hubungan tiga garis. Bidang sendiri terdiri dari beberapa macam ada bidang biomofosis, bidang geometris, bidang tak beraturan, dan bidang bersudut.
4. Bentuk
Bentuk adalah gabungan dari unsur bidang, bentuk sendiri terbagi menjadi dua yaitu bentuk bangun dan bentuk plastis.
5. Tekstur
Tekstur adalah kondisi suatu permukaan benda yang biasanya untuk merasakannya menggunaka indra peraba. Tekstur sendiri ada dua jenis yaitu tekstur nyata dan tekstur semu.
6. Ruang
Ruang adalah unsur seni rupa yang memiliki dua sifat yaitu dua dimensi dan tiga dimensi. Dalam karya seni rupa dua dimensi ruang memiliki sifat semu sedangkan dalam karya seni rupa tia dimensi ruang memiliki sifat yang nyata.
ADVERTISEMENT
7. Gelap terang
Gelap terang adalah unsur dari seni rupa yang timbul karena adanya perbedaan intensitas cahaya yang jatuh pada permukaan benda.
8. Warna
Warna menjadi bagian dari unsur-unsur seni rupa yang sangat penting karena membuat seni rupa menjadi lebih hidup. Warna sendiri terbagi menjadi tiga yaitu warna primer, sekunder dan tersier
Nah itu adalah unsur-unsur dalam seni rupa, semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.