News
·
23 Desember 2020 15:40

Menggambar Model? Ketahui Dulu Unsur dan Perlengkapan yang Dibutuhkannya di Sini

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Menggambar Model? Ketahui Dulu Unsur dan Perlengkapan yang Dibutuhkannya di Sini (57055)
searchPerbesar
Menggambar Model, Foto: SumberBelajar
Siapa yang tidak asing dengan menggambar model? Biasanya istilah ini seringkali didengar ketika tengah membahas soal kesenian.
ADVERTISEMENT
Ya, aktivitas menggambar merupakan kegiatan yang sangat mengasyikkan karena dapat menghasilkan sebuah karya. Lalu apa sebenarnya menggambar model itu? Apa saja unsur-unsur beserta perlengkapan yang dibutuhkan? Mari disimak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Menggambar Model

Menggambar model merupakan salah satu kegiatan seni yakni menggambar dengan menirukan objek yang dilihat. Misalnya, tumbuhan, pemandangan, benda mati seperti gelas, mobil dan lain sebagainya.
Menggambar model memang memerlukan kecermatan dan ketelitian yang cukup tinggi supaya menghasilkan karya yang detail dan terlihat seperti aslinya.

Unsur-unsur Menggambar Model

Mungkin sudah tidak asing lagi dengan unsur-unsur dalam karya seni rupa. Dalam menggambar model pun tidak jauh berbeda, berikut unsur-unsur yang ada dalam menggambar model.
Garis
Garis merupakan titik yang ditarik dan diulang secara terus-menerus hingga membentuk sebuah jalur.
ADVERTISEMENT
Bentuk
Bentuk adalah garis-garis yang bertemu dan terbentuk suatu bentuk dasar seperti segitiga, persegi, dan lingkaran.
Bidang
Bidang adalah suatu bentuk yang seakan dibuat menjadi tiga dimensi, seperti segitiga menjadi piramid, lingkaran menjadi bola, dan persegi menjadi kubus.
Tekstur
Tekstur adalah kualitas permukaan yang membentuk objek. Jeruk memiliki tekstur berpori, kain bertekstur lembut, dan besi bertekstur licin metalik.
Gelap Terang (pencahayaan)
Gelap terang adalah kondisi gelap atau terangnya suatu benda yang menyangkut dua unsur utama, yakni bayangan (bagian gelap) dan cahaya (bagian terang).

Perlengkapan Dalam Menggambar Model

Dalam menggambar model tentu diperlukan berbagai jenis alat dan bahan. Berikut daftar kebutuhan yang perlu dipersiapkan.
Pensil
Pilihlah dua tipe pensil yang berbeda, yaitu pensil keras (2H-H) dan pensil lunak (2B-4B). Pensil keras digunakan untuk mengawali sketsa kasar yang tidak harus terlalu akurat. Sementara, pensil lunak digunakan untuk mengarsir dan menegaskan bagian yang dianggap paling akurat dan nyata.
ADVERTISEMENT
Penghapus
Penghapus sangat membantu dalam proses menggambar model secara langsung. Sebaiknya gunakan penghapus dalam tahap sketsa awal. Pensil lunak akan sulit untuk dihapus karena akan tetap menyisakan bagian yang gelap, terkesan kotor, hingga dapat merusak kertas.
Kertas
Pilihlah jenis kertas yang lebih tebal dan bertekstur. Tekstur kertas akan memberikan lahan yang lebih mudah untuk digoreskan oleh pensil.
Itulah unsur-unsur dan peralatan yang dibutuhkan untuk menggambar model. Bagaimana, sudah siap menggambar model?
(RDY)