Bisnis
·
11 Juni 2021 18:09
·
waktu baca 3 menit

Pengertian dan Contoh Application Letter

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Pengertian dan Contoh Application Letter (163324)
Applicarion Letter untuk perusahan atau instansi. https://www.freepik.com/
Business Comunication: Konsep dan Aplikasi dalam Konteks Individu, Kelompok dan Organisasi, pengertian surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat oleh seseorang dan ditunjukan kepada senbuah instansi atau perusahaan dengan maksud untuk melamar pekerjaan di indstansi atau perusahaan tersebut (2020: 336)
ADVERTISEMENT
Salah satunya adalah melampirkan application letter atau cover letter. Lampiran ini kerap kali dianggap hal sepele, namun bukan berarti dibuat secara asal. Semakin baik surat lamaran, maka menandakan kamu serius dalam mengajukan diri ke perusaahaan. Application letter adalah nama lain dari cover letter yaitu surat bisnis resmi sering disertakan dengan lamaran pekerjaan dan/atau resume dan dikirim kepada calon pemberi kerja.
Pengertian dan Contoh Application Letter (163325)
Lamaran yang diterima. https://www.freepik.com/

Pengertian dan Contoh Application Letter

Tata cara membuat Application Letter
• Informasi posisi pekerjaan
Cari informasi lebih detail tetang perusahaan dan posisi yang akan kamu lamar. Ketahui dengan jelas qualifikasi dan persyaratannya.
• Pakai format formal
Membuat application letter berarti membuat surat dengan format resmi. Perhatikan penggunaan tanda baca, sepasi dan rata kanan dan kiri.
ADVERTISEMENT
• Buat heading
Surat lamaran versi terbaru membuat heading di atas surat mengenai nama, alamat, nomor kontak pelamar. Jadi bila application letter menarik, dapat langsung menghubungi pelamar dari headingnya.
• Nama perusahaan
Tulis bagian Departmen, nama perusahaan dan bahkan alamatnya. Cari tahu apakah pimpinannya adalah pria atau wanita. Jadi bisa ditulis dengan sapaan Mr atau Mrs. Bila jenis kelamin tidak diketahui bisa diganti dengan “To Whom It May Concern” atau “Dear Hiring Manager.”
• Kalimat pembuka menyatakan minat
Paragraf pertama menyebutkan posisi pekerjaan yang kamu lamar. Sebutkan pula minat untuk bergabung dengan perusahaan dan mengapa kamu adalah kandidat yang sesuai.
• Sertakan pengalaman dan kualifikasi
Tuliskan secara singkat informasi tentang kualifikasi kamu sesuai pekerjaan yang akan dilamar.
ADVERTISEMENT
• Sertakan kepripadiaan
Paragrafnya menerangkan tentang kepribadian kamu. Sentuhan yang bersahabat dan memberikan kesan mengenai kepribadian pelamar maka akan menarik perhatian perusahaan untuk merekrutmu.
• Apresiasi
Sebelum mengakhiri surat, kamu dapat mengungapkan rasa terima kasih dan harapan untuk segera bergabung dengan perusahaan. Contoh kalimat yang bisa dipakai adalah sebagai berikut.
• Penutup
Penggunaan kata formal untuk menutup sebuah lamaran kerja bisa dengan memakai kata sincerely, your truly, faithfully yours atau best yang artinya dalam bahasa Indonesia kurang lebih terima kasih atau salam. Di bawahnya harus menyertakan nama lengkapmu berserta tanda tangan.
Pengertian dan Contoh Application Letter (163326)
Penulisan Application letter. https://www.freepik.com/
Contoh application letter
Godfredo Hernadez
Main Street
Makati, 94121
May 19th 2021
Manila Public Hospitals
South Street
Manila, 94120
ADVERTISEMENT
Dear Sir :
I am writing to express in the Registered Nurse position recommended by one of your doctor at your hospital, Dr.Rubyleen. She and I were colleagues when we were working in Makati Public Hospital. I graduated from Makati Health College with and Associate of Science in Nursing in October 2010. From my resume, you will see that my experience matches the qualifications listed for this position. I heard about this job through Dr.Rubyleen who gave me a recommendation letter attached with this application letter.
My nursing educational background at Makati Health College and my experience as a registered nurse at Makati Public Hospital have given me skills in patient assessment and a solid foundation in providing holistic nursing care that focuses on all aspects of a human’s health. I am really keen on nursing. My communication skills, along with my compassion, patience, passion and patient advocacy, are what I offer as a registered nurse.
ADVERTISEMENT
I would be honored and excited to be a part of your team and contribute my skills to your staff and patients. I look forward to an interview with you to discuss my education and experience at your earliest convenience.
Sincerely yours,
Godfredo Hernandez
Itu dia tentang pembuatan application letter. Perhatikan setiap detailnya dalam melamar pekerjaan agar tidak salah dan juga agar dibaca oleh perusahaan.
(MZM)