News
·
23 Desember 2020 15:25

Perubahan Kimia Mulai dari Ciri Hingga Contohnya, Ketahui di Sini!

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Perubahan Kimia Mulai dari Ciri Hingga Contohnya, Ketahui di Sini! (359598)
Perubahan Kimia, Foto: Pixabay
Apa kamu pernah mendengar atau mengetahui tentang berbagai jenis perubahan zat atau benda yang terjadi di kehidupan kita? Apa kamu pernah mengetahui tentang perubahan kimia dan fisika terhadap suatu zat?
ADVERTISEMENT
Pada artikel ini akan dibahas tentang perubahan kimia baik dari pengertian jenis beserta contohnya. Simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Perubahan Kimia

Perubahan kimia adalah perubahan suatu zat yang dapat menghasilkan zat baru. Perubahan kimia bersifat permanen yang artinya zat hasil yang akan terbentuk tidak dapat diubah lagi menjadi zat asalnya.
Perubahan kimia disebut juga dengan reaksi kimia. Terdapat dua istilah yang digunakan yaitu zat semula yang dinamakan reaktan atau pereaksi dan zat yang akan terbentuk disebut sebagai hasil reaksi atau produk reaksi.
Contohnya, jika kayu dibakar akan menghasilkan arang. Kayu disebut sebagai pereaksi atau reaktan dan arang disebut hasil reaksi.

Ciri-ciri Perubahan Kimia

Terdapat beberapa ciri-ciri yang mengiringi proses perubahan kimia pada suatu zat, di antaranya sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
Perubahan warna: suatu zat memiliki warna tertentu tergantung komposisi dan kandungan unsur dalam zat tersebut. Sebagai contoh, sendok logam yang ditempatkan di atas nyala api maka akan terbentuk warna hitam dari asap yang mengandung karbon.
Perubahan suhu: reaksi kimia terjadi karena adanya perubahan energi yang menyertai reaksi kimia. Terdapat dua perubahan suhu yang menyertai perubahan kimia yaitu kalor yang dilepaskan dan kalor yang dibutuhkan.
Pembentukan endapan: suatu zat yang sulit larut dalam pelarut air. Sebagai Contoh reaksi antara perak nitrat dengan natrium klorida yang dapat menghasilkan endapan perak klorida yang berwarna putih.
Pembentukan gas: beberapa perubahan kimia ada yang bisa menghasilkan gas. Sebagai contoh, reaksi pembakaran yang menghasilkan gas karbon dioksida atau reaksi pembusukan menghasilkan gas-gas yang berbau menyengat seperti gas amonia.
ADVERTISEMENT

Contoh Perubahan Kimia

Berikut beberapa contoh perubahan kimia yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari:
-Besi yang berkarat
-Pembakaran kayu yang menghasilkan arang
-Metabolisme makanan dalam tubuh
-Pencampuran antara asam dan basa
-Telur yang dimasak
-Proses pencernaan makanan dengan air liur
-Pembuatan roti
-Pemanggangan kue
-Pelapisan pada logam
-Baterai kimia
Bagaimana, sekarang sudah tahu kan tentang ciri hingga contohnya perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari? Semoga bermanfaat!
(RDY)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white