News
·
18 Januari 2021 20:11

Rangka Manusia: Fungsi dan Perannya Pada Kelangsungan Hidup Manusia

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Rangka Manusia: Fungsi dan Perannya Pada Kelangsungan Hidup Manusia (253975)
Bagian Rangka Manusia. Foto: dok Amazon.com
Rangka manusia yang merupakan suatu sistem dalam tubuh manusia yang terdiri dari tulang rawan atau kartilago, ligamen dan juga jaringan lainnya. Sistem rangka manusia menjadi pondasi dasar atau penopang utama dari tubuh kita. Untuk mengetahui seberapa besarnya peran rangka manusia terhadap kelangsungan hidup manusia, Anda dapat mengetahui apa itu rangka manusia dan juga fungsi-fungsi utama dari rangka manusia berikut ini.
ADVERTISEMENT

Rangka Manusia dan Perannya dalam Kehidupan Manusia

Seperti yang kita ketahui bahwa dari ujung kepala hingga ujung kaki tubuh kita mengandung tulang, ini berarti secara tidak langsung menunjukan betapa pentingnya keberadaan rangka manusia dalam tubuh manusia sejak lahir bahkan hingga kita mati. Apa saja fungsi utama rangka manusia yang menempel pada manusia?
Rangka Manusia: Fungsi dan Perannya Pada Kelangsungan Hidup Manusia (253976)
Rangka Manusia dari Ujung Kepala hingga Ujung Kaki. Foto: dok Pinterest
Rangka manusia terdiri dari tulang-tulang yang menyusun rangka tubuh manusia terbagi menjadi 2 bagian, yaitu kerangka aksial dan kerangka apendikular. Kerangka aksial meliputi 80 tulang pada manusia, sedangkan kerangka apendikular terdiri dari 126 tulang. Dari total sejumlah 206 tulang yang ada di dalam tubuh manusia beserta dengan tulang rawan dan ligamen tersebut yang akan menjalankan berbagai fungsi rangka manusia secara sistematis.
ADVERTISEMENT
Fungsi utama rangka manusia antara lain sebagai pondasi tubuh, sebagai pelindung organ dalam seperti jantung, otak, dan lain sebagainya. Tak hanya itu rangka manusia juga berfungsi sebagai tempat melekatnya otot, sebagai anggota gerak utama, sebagai tempat untuk memproduksi sel darah merah, sebagai pemberi bentuk tubuh, dan juga sebagai tempat penyimpan nutrisi dan juga mineral dalam tubuh.
Dari sederet fungsi utama rangka manusia tersebut dapat diketahui bahwa rangka manusia memegang peranan yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Jika manusia tidak memiliki tulang dalam tubuh maka manusia tidak akan bisa hidup dengan selayaknya. Bahkan jika beberapa tulang dalam tubuh manusia hilang atau mengalami kerusakan atau cedera saja maka efeknya bisa fatal dan mengganggu sistem kerja tubuh yang lainnya.
ADVERTISEMENT
Maka dari itu, karena peran rangka manusia sangat besar bagi kelangsungan hidup manusia kita harus selalu senantiasa menjaga dan merawat tulang yang kita miliki agar tidak rusak ataupun cedera agar tulang tetap dapat berfungsi secara normal. Menjaga tulang tetap prima dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi vitamin dan kalsium yang cukup dan juga menggunakan pelindung saat berkendara. (DA)