Bola & Sports
·
7 Mei 2021 13:52

Sikap Lilin dan Rangkaian Gerakannya Dalam Senam Lantai

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Sikap Lilin dan Rangkaian Gerakannya Dalam Senam Lantai	 (23238)
searchPerbesar
Belajar melakukan sikap lilin. Foto: Freepic
Sikap lilin merupakan salah satu gerakan yang cukup penting dalam olahraga senam lantai, sehingga kita perlu mempelajarinya agar dapat menerapkannya dengan baik. Lantas, Bagaimana rangkaian gerak sikap lilin dalam senam lantai? Simak di sini ulasannya ya!
ADVERTISEMENT

Rangkaian Gerak Sikap Lilin pada Senam Lantai

Senam merupakan suatu kegiatan yang penting dan bisa bermanfaat bagi kebugaran dan kesehatan tubuh manusia. Salah satu jenis senam yang cukup populer adalah senam lantai.
Dinamakan senam lantai, karena maka gerakan-gerakan/bentuk latihannya dilakukan diatas lantai yang beralaskan matras atau permadani.
Mulyaningsih dkk pada buku Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan tahun 2010 mengemukakan bahwa,

Senam lantai merupakan cabang olahraga yang mengandalkan kekuatan, kecepatan, keseimbangan, kelenturan dan ketepatan gerak tubuh.

Salah satu gerakan yang cukup populer dalam senam lantai adalah sikap lilin. Berikut adalah ulasan mengenai gerakan sikap lilin pada senam lantai.

Sikap Lilin

Sikap lilin adalah suatu gerakan dalam senam lantai yang diawali dengan posisi tidur terlentang, kemudian dilanjutkan dengan kedua kaki diangkat ke atas secara bersamaan, dimana pinggang ditopang dengan kedua tangan sementara pundak tetap menempel di lantai.
ADVERTISEMENT
Gerakan sikap lilin dilakukan pada posisi punggung dan kepala yang berada di atas permukaan lantai atau matras, sedangkan kaki diangkat lurus ke atas sementara kedua tangan akan menopang bobot tubuh.
Otot perut berguna untuk mendukung tangan dalam menopang pinggang agar tak terjatuh kembali ke lantai. Untuk melakukan gerakan sikap lilin, berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu diperhatikan:
  1. Posisikan tubuh tidur telentang
  2. Luruskan kaki dan letakkan tangan di samping badan. Pastikan kaki dalam posisi lurus dan rapat agar bisa diangkat ke atas.
  3. Angkat kaki perlahan ke atas.
  4. Topang pinggang dan kaki dengan menggunakan tangan.
  5. Tahan selama beberapa detik.
Olahraga senam lantai dengan gerakan sikap lilin membutuhkan keseimbangan dan juga kekuatan tubuh. Pada waktu awal mencoba mungkin kita belum berhasil, namun dengan latihan yang konsisten dan disiplin, gerakan dalam senam lantai ini bukan tak mungkin bisa segera kita kuasai.
ADVERTISEMENT
Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan gerakan sikap lilin, ya! (Adelliarosa)