Sistem Suspensi Mobil: Pengertian dan Fungsinya

Konten dari Pengguna
15 September 2023 18:24 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Sistem Suspensi. (Sumber: Pixabay)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Sistem Suspensi. (Sumber: Pixabay)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kenyamanan dalam menggunakan kendaraan sudah menjadi tuntutan bagi para pengendaranya. Sistem suspensi pada kendaraan memegang peranan yang sangat penting dalam memperoleh kenyamanan. Konstanta redaman suspensi menentukan faktor kenyamanan dan keamanan pengendara dan menjadi faktor paling utama di samping keandalan mesin mobil itu sendiri.
ADVERTISEMENT
Sistem suspensi adalah sebuah rangkaian komponen yang berfungsi menyerap getaran yang ditimbulkan saat mobil berjalan di atas permukaan jalan. Tujuan sistem ini adalah untuk mencegah agar badan mobil tidak bergetar saat melintasi permukaan jalan.

3 Fungsi Sistem Suspensi pada Kendaraan

Ilustrasi Sistem Suspensi. (Sumber: Pixabay)
Secara umum sistem suspensi kendaraan terdiri atas sebuah pegas dan sebuah peredam kejut yang disusun secara paralel. Dikutip dari buku Sistem Management Chasis Edisi Revisi, Ratna Monasari (2022: 68), fungsi utama sistem ini adalah menahan berat kendaraan, memberikan kenyamanan pengendara mobil terhadap kondisi jalan yang dilalui, menjaga traksi roda terhadap permukaan jalan, dan menjaga kesejajaran roda.
Berikut adalah 3 fungsi sistem suspensi dalam kendaraan selain untuk menahan getaran atau goncangan:
ADVERTISEMENT
Sistem suspensi biasanya terletak di antara poros-poros penggerak roda dan body/frame kendaraan. Berikut adalah komponen sistem suspensi pada kendaraan:
ADVERTISEMENT
Sistem suspensi kendaraan tentu saja memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Adanya sistem suspensi pada kendaraan membuat guncangan naik-turun pada kendaraan akan dibatasi atau diredam. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan! (CHL)