Tata Cara Penulisan Tanggal Surat yang Benar

Konten dari Pengguna
9 Desember 2021 15:34
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi wanita yang menulis surat. Foto: freepik.com/yanalya
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi wanita yang menulis surat. Foto: freepik.com/yanalya
ADVERTISEMENT
Surat merupakan alat komunikasi tertulis berasal dari satu pihak yang ditujukan kepada suatu pihak untuk menyampaikan pesan. Secara umum surat dibagi menjadi dua, yakni surat formal dan surat informal. Dalam menulis surat formal haruslah teliti dan cermat, misalnya dalam penulisan tanggal. Penulisan tanggal surat yang benar adalah diawali dengan kota dan tanggal. Lebih lengkapnya simak dalam penjelasan berikut ini.
ADVERTISEMENT

Tata Cara Penulisan Tanggal Surat

Dikutip dari Keterampilan Menulis Surat: Bagi Pendidik dan Umum karya Sri Dinanta Beru Ginting, S.Pd., M.Pd DKK. (2019: 20), berdasarkan fungsinya, surat dibagi menjadi 3 yaitu:
1. Surat Pribadi
Surat pribadi adalah surat yang dikirimkan kepada orang lain atau kepada organisasi (lembaga). Isi surat bersifat pribadi karena menceritakan persoalan pribadi. Surat pribadi dibagi menjadi dua, yaitu surat pribadi resmi dan surat pribadi non resmi. Contoh surat pribadi resmi adalah surat lamaran pekerjaan. Sedangkan surat non resmi misalnya surat kepada teman.
2. Surat Dinas
Surat dinas adalah surat yang dikirim oleh perseorangan atau lembaga kepada perseorangan atau lembaga lain. Isi surat dinas berkaitan dengan kedinasan berupa pemberian tugas, pemberitahuan, permohonan, perintah, peringatan, panggilan, perjanjian, maupun laporan.
ADVERTISEMENT
3. Surat Niaga
Surat niaga adalah surat yang dikirimkan oleh suatu perusahaan kepada perusahaan lainya. Surat niaga biasanya digunakan dalam bidang bisnis atau perdagangan. Contoh dari surat niaga adalah surat penawaran barang.
Ilustrasi laki-laki yang akan menuliskan tanggal dalam surat. Foto: freepik.com/rawpixel-com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi laki-laki yang akan menuliskan tanggal dalam surat. Foto: freepik.com/rawpixel-com
Dalam menulis surat, baik itu resmi maupun tidak resmi, terdapat komponen penting yang tidak bisa dilewatkan, yaitu:
  • Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat
Pada surat resmi, seperti surat dinas ataupun surat niaga haruslah diberikan kop surat yang berisi nomor surat, nomor lampiran, dan pokok surat. Di sisi lain, surat pribadi hanya perlu menuliskan tempat dan tanggal.
  • Isi Surat
Isi surat yaitu informasi yang akan disampaikan kepada pihak yang dituju. Perbedaan antara surat formal dan informal yaitu pada kosa kata yang digunakan.
ADVERTISEMENT
  • Penutup
Pada penutup surat ditujukan untuk mengakhiri surat. Kalimat yang digunakan biasanya berupa penegasan dari isi surat, harapan, maupun ucapan terima kasih.
Untuk menuliskan tempat dan tanggal pada sebuah surat, perlu diawali dengan menyebutkan lokasi ataupun tempat penulisan. Selain itu, penulisan tangga harus disesuaikan dengan waktu pembuatan, yaitu diawali dengan tanggal, bulan, dan tahun.
Penempatan tempat dan tanggal untuk surat pribadi maupun resmi berada di pojok kanan atas. Sementara untuk surat dinas dan niaga, penulisan tempat dan tanggal berada di bawah kop surat.
Untuk lebih mudah memahami cara penulisan tanggal surat, simak pada contoh di bawah ini.
  • Contoh 1
Kota Tangerang, 25 Februari 2020
Penulisan tempat dan tanggal pada contoh di atas salah, sebab dalam membuat tempat dan tanggal surat tidak perlu menyebutkan kota, langsung saja dengan “Tangerang”.
ADVERTISEMENT
  • Contoh 2
Jakarta, 21-08-2020
Contoh penulisan tempat dan tanggal di atas salah, sebab dalam menuliskan tempat dan tanggal surat tidak boleh disingkat. Adapun penulisan yang benar yaitu 21 Agustus 2020.
  • Contoh 3
Medan. 10 Juni 2020
Kesalahan penulisan tempat dan tanggal pada contoh di atas salah karena setelah menuliskan lokasi penulisan surat harus diikuti dengan tanda koma (,).
  • Contoh 4
Sorong, 3 November 2020
Inilah contoh penulisan tempat dan tanggal surat yang benar, yaitu lokasi penulisan surat diikuti tanda koma lalu tanggal penulisan surat.
Sekarang sudah paham cara menuliskan tanggal surat secara benar bukan? Semoga informasi di atas bermanfaat. (MZM)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·