News
·
17 Februari 2021 21:26

Wali Songo dan Perannya Dalam Persebaran Islam

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Wali Songo dan Perannya Dalam Persebaran Islam (260149)
Sejarah Islam. Foto: dok Unsplash
Wali Songo merupakan tokoh-tokoh yang cukup terkenal dalam kalangan umat Islam. Bagaimana tidak, Wali Songo merupakan tokoh yang memiliki peran yang cukup penting dan juga cukup besar bagi persebaran agama Islam di Indonesia.
ADVERTISEMENT

Peran Wali Songo Dalam Persebaran Islam dan Hal yang Perlu Diketahui

Wali Songo yang memiliki arti sembilan wali ini merupakan tokoh yang memiliki peran yang cukup penting dalam keberadaan Islam di Indonesia. Maka tak diherankan lagi, kesembilan tokoh Wali Songo ini sudah tak asing lagi bagi umat Islam di Indonesia. Wali Songo menyebarkan agama Islam dengan cara berdakwah yang sangat baik sehingga dapat diterima dengan mudah oleh masyarakat.
Wali Songo dan Perannya Dalam Persebaran Islam (260150)
Masjid Tempat Ibadah Umat Islam. Foto: dok Unsplash
Seperti yang tertulis dalam buku berjudul Sejarah Wali Songo: Misi Pengislaman di Jawa (2007: 4) Wali Songo sangat sukses menyebarkan agama Islam di Indonesia, khususnya di tanah Jawa, kesuksesan terbesar wali songo adalah melakukan penyebaran agama Islam tanpa terjadinya gejolak besar atau pertempuran besar dalam Islam dan masyarakat sekitar.
ADVERTISEMENT
Dalam buku yang dituliskan oleh KH. Mohammad Dahlan yang berjudul Haul Sunan Ampel Ke-555, Penerbit Yayasan Makam Sunan Ampel (1979:1-2) Wali Songo adalah sebuah majelis dakwah yang pertama kali didirikan oleh Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim) pada tahun 1404 Masehi (808 Hijriah). Kehadiran Wali Songo di tengah-tengah masyarakat memberikan berbagai macam pembaharuan dan juga ilmu baru seperti perniagaan, kesenian, kebudayaan, hingga sistem pemerintahan.
Setiap anggota Wali Songo memiliki gelar Sunan, hal ini seperti yang tertulis dalam buku berjudul A History of Modern Indonesia since c.1300, 2nd Edition (1991:9-10). Gelar yang diberikan pada tokoh Wali Songo tersebut merupakan gelar penghormatan yang digunakan dalam bahasa Jawa. Maka dari itu, para tokoh Wali Songo sangat dihormati dan memiliki tempat tersendiri bagi umat Islam di Indonesia. Berikut ini adalah nama para tokoh Wali Songo yang perlu Anda ketahui:
ADVERTISEMENT
  • Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim
  • Sunan Ampel atau Raden Rahmat
  • Sunan Bonang atau Raden Makhdum Ibrahim
  • Sunan Drajat atau Raden Qasim Syarifuddin
  • Sunan Kudus atau Raden Ja'far Shadiq
  • Sunan Giri atau Raden Paku atau Muhammad 'Ainul Yaqin atau Prabu Satmata
  • Sunan Kalijaga atau Raden Syahid
  • Sunan Muria atau Raden Umar Said
  • Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah
Nama-nama tokoh Wali Songo tersebut banyak diabadikan sebagai sebuah nama, salah satunya adalah penggunaan nama institusi pendidikan. Hal ini dilakukan umat Islam di Indonesia untuk mengabadikan dan juga menghormati jasa Wali Songo yang telah berjasa dalam persebaran agama Islam di Indonesia. Pengetahuan tentang peran Wali Songo dalam persebaran agama Islam di Indonesia tersebut dapat memperluas ilmu agama Islam yang kita miliki. Semoga bermanfaat. (DA)
ADVERTISEMENT