News
·
6 April 2021 12:10

Kisah Pramugari Pilih Resign Jadi MUA, Kini Beromzet Puluhan Juta per Bulan

Konten ini diproduksi oleh Berita Viral
Kisah Pramugari Pilih Resign Jadi MUA, Kini Beromzet Puluhan Juta per Bulan  (92242)
Kisah pramugari asal Semarang bernama Esti Utomo banting setir jadi MUA. (Foto: TikTok/@estiutomo)
Seorang eks pramugari bernama Esti Utomo mencuri perhatian di media sosial lantaran memilih mengundurkan diri dari pekerjaannya. Perempuan asal Semarang, Jawa Tengah, tersebut lebih memilih membangun bisnis MUA alias makeup artist ketimbang menjalani pekerjaan sebelumnya sebagai pramugari.
ADVERTISEMENT
Kisah perempuan tersebut kemudian jadi perbincangan publik di media sosial. Pasalnya, setelah mengunggah kisahnya di akun TikTok pribadinya, banyak warganet yang merasa seolah tak percaya bahwa seorang pramugari mengundurkan diri dan memilih menjadi MUA.
Adapun salah satu alasannya, perempuan yang kini berusia 23 tahun itu mengaku tak memiliki banyak waktu untuk keluarga saat masih menjadi pramugari.
"Dulu kerjaku nggak kenal waktu, nggak bisa lebaran bareng keluarga, nggak bisa tahun baruan sama keluarga karena kerjaku terikat," begitu narasi dalam keterangan video TikTok mantan pramugari tersebut.
Kisah Pramugari Pilih Resign Jadi MUA, Kini Beromzet Puluhan Juta per Bulan  (92243)
Kisah pramugari asal Semarang bernama Esti Utomo banting setir jadi MUA. (Foto: TikTok/@estiutomo)
Dalam ceritanya kepada Berita Viral, Esti mengaku sebelumnya memang bercita-cita menjadi seorang pramugari. Pada 2017, ia cita-cita itu terwujud. Ia diterima di salah satu maskapai penerbangan di Tanah Air hingga membuatnya sangat bangga.
ADVERTISEMENT
Namun, kebanggaan itu lambat-laun membuatnya merasa ada yang hilang. Adalah kebersamaan dengan keluarga. Bahkan, setiap tahunnya, ia tidak bisa merayakan lebaran, menghabiskan malam pergantian tahun baru, atau momen-momen kebersamaan dengan keluarga.
Di sisi lain, ia juga mengaku khawatir terkait dirinya yang tidak selamanya akan menjadi pramugari. Bisa lantaran kontrak kerjanya habis atau kemungkinan pahitnya diputus kontrak alias di-PHK. Hal itulah yang kemudian mendorongnya memikirkan usaha lain, hingga akhirnya memilih jadi MUA.
Kisah Pramugari Pilih Resign Jadi MUA, Kini Beromzet Puluhan Juta per Bulan  (92244)
Kisah pramugari asal Semarang bernama Esti Utomo banting setir jadi MUA. (Foto: TikTok/@estiutomo)
"Saya memilih resign waktu itu karena saya berpikir saya tidak akan selamanya di penerbangan. Suatu saat saya takut kena PHK atau kontrak saya tidak diperpanjang. Saya berpikir ingin memulai buka usaha sebelum resign untuk bekal saya nanti," ucap Esti kepada Tim Berita Viral melalui pesan WhatsApp.
ADVERTISEMENT
Memiliki ketertarikan dengan merias, Esti kemudian mendalami tentang makeup. Mulai dari kursus hingga workshop ia ikuti, tak terkecuali belajar dari video YouTube.
"Kadang kalau teman-teman mau berangkat terbang aku makeup-in biar sekalian saya belajar," lanjutnya.
Setahun belajar makeup, Esti akhirnya memberanikan diri mendirikan jasa MUA pada 2018 lalu. Namun, ia mengaku belum terlalu fokus lantaran waktunya saat itu masih terbagi dengan pekerjaannya sebagai pramugari.
Pada 2019, bisnis MUA-nya ternyata banyak disukai para pelanggannya. Mulai dari untuk acara pernikahan hingga acara wisuda, mereka mulai memercayai makeup hasil tangan dinginnya. Hingga kemudian, Esti memutuskan mundur sebagai pramugari pada akhir 2019 lalu lantaran tidak lagi bisa mengatur waktu.
"Saya pelan-pelan membuka jasa sebagai MUA. Jadi, kalau libur terbang saya menerima job makeup hingga akhirnya 2019 sudah mulai banyak menerima job, lalu saya pun memutuskan untuk resign," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Berawal dari hobi, kini bisnisnya tersebut menjadi salah satu studio makeup terlaris di daerahnya di Perumahan Mutiara Supriyadi, Semarang Timur, Jawa Tengah. Selama satu tahun lebih menjalani bisnis MUA, Esti mengaku meraup pendapatan Rp20 juta per bulan, bahkan lebih dari itu.
Tak hanya itu, ia juga menerima orang yang mau belajar makeup. Kini, sedikitnya tiga orang datang ke studio makeup miliknya untuk belajar. Tak heran jika cerita Esti yang dibagikan lewat video TikTok-hingga viral membuat warganet salut.
"Mbaknya pintar cari peluang. Sukses selalu ya, mbak," komentar @vharanie.
"Usaha sendiri memang lebih baik," lanjut @aryjitos99.
"Keren, melepaskan diri daei zona nyaman itu sulit. Selalu sukses," timpal @oraajiblas. (fre)
ADVERTISEMENT