News
·
15 Februari 2021 13:39

'Alcarita', Saat Rancangan Gaun Pengantin dan Cerita Rakyat Bersatu

Konten ini diproduksi oleh BASRA (Berita Anak Surabaya)
'Alcarita', Saat Rancangan Gaun Pengantin dan Cerita Rakyat Bersatu (106585)
Salah satu desain gaun yang ditampilkan dalam pameran busana Alcarita.
Banyak cara dapat dilakukan guna mengenalkan cerita rakyat kepada masyarakat umum. Salah satunya yakni lewat pertunjukkan busana seperti yang dilakukan oleh para desainer muda D3 Tata Busana dari Universitan Negeri Surabaya (Unesa).
ADVERTISEMENT
Melalui pameran daring bertema 'Alcarita', para desainer muda ini menampilkan rancangan busana pernikahan berkonsep modest fashion yang idenya berasal dari cerita rakyat.
Salah satunya yakni ball gown karya Umy Hanik yang yang terinspirasi dari cerita rakyat dari NTT yang berjudul Tampe Ruma Sani.
Dalam rancangan gaunnya, Umy menggunakan warna quetzal green yang dipadukan dengan warna nude. Sementara untuk ragam hiasnya, ia memilih rebung atau kakando.
"Rebung dan kakando ini saya pilih karena memiliki makna kesabaran dan keuletan dalam menghadapi tantangan. Sesuai dengan cerita rakyat yang saya angkat," ucapnya, Senin (15/2).
'Alcarita', Saat Rancangan Gaun Pengantin dan Cerita Rakyat Bersatu (106586)
Sementara untuk desainnya, Umy menerapkan manipulating fabric tucking, tasse, dan sedikit tambahan payet. "Keunikan desain saya terletak pada bagian rok. Dimana rok yang saya buat biasa disebut rok belimbing atau paneled circle skirt," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Oktafinna selaku ketua pelaksana kegiatan menuturkan, tema besar Alcarita merupakan gabungan kata dari bahasa arab dan sansekerta.
Dalam kegiatan tersebut terdapat lima kelompok yang membawa nuansa warna beragam seperti gold, putih, biru hingga coklat.
"Para desainer ini menerjemahkan cerita rakyat ke dalam siluet busana, stilasi ragam hias, dan manipulating fabric yang memberi kesan anggun serta modern," ungkap Oktafinna.
Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan para desainer muda ini bisa mengangkat lebih banyak busana yang terinspirasi dari kekayaan nusantara.