Pencarian populer

Brilian, Siswa Tunanetra Penghafal 9 Juz Alquran

Ilustrasi : Spark Post by Adobe Spark
Khusus di bulan suci Ramadan, Basra akan rutin menghadirkan cerita para penghafal cilik Alquran yang akan membuat ibadah kita semakin bersemangat.
ADVERTISEMENT
Cerita pertama datang dari Brilian Putra Frenata, siswa kelas 4 Sekolah Luar Biasa (SLB) A Yayasan Pendidikan Anak Buta (YPAB) Surabaya yang sudah berhasil menghafal 9 juz Alquran.
Meski lahir dengan kondisi tak bisa melihat, tapi daya ingat dan kecepatan Brilian saat menghafal Alquran luar biasa.
"Sudah hafal Alquran sejak masih kelas 1. Sekarang sudah hafal 9 juz," kata Brilian saat dijumpai Basra, Senin (29/4).
Brilian Putra Frenata. Foto : Masruroh/Basra
Kecepatan Brilian dalam menghafal Alquran terbantu dari rekaman Murottal Alquran yang selalu diputar sang ibu. "Ibu suka memutar MP3 bacaan Alquran di rumah. Saya selalu ikut dengerin," imbuh sulung dari dua bersaudara itu.
Tak hanya itu, sejak kecil ayah Brilian, Safi'ul, juga sudah membiasakan Brilian untuk mengaji. Bahkan Brilian konsisten menghafal Alquran di masjid dekat rumahnya selepas subuh.
ADVERTISEMENT
''Setelah subuhan, mengaji di masjid ada ustazah yang mengajari," ungkap Brilian.
Kini saat memasuki bulan suci Ramadan, Brilian berkeinginan untuk menambah hafalan juznya. Bahkan Brilian ingin bisa khatam Alquran 30 juz.
"Ingin menambah hafalan (Alquran) dan bisa khatam 30 juz. Makanya setiap selesai tarawih ikut tadarusan," ujar siswa yang menetap di kawasan Manukan itu.
Selain sudah hafal 9 juz Alquran, Brilian juga piawai mengumandangkan azan. Untuk kebiasaannya yang satu ini, Brilian mengaku kerap menang lomba azan.
"Sering dapat juara satu kalau ikut lomba azan. Kemarin barusan menang pas ikut lomba di masjid dekat rumah nenek," kata Brilian sambil semringah.
(Reporter : Masruroh / Editor : Windy Goestiana)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80