Woman
·
25 April 2021 10:09

Cara Mengetahui Kondisi Kulit yang Sehat

Konten ini diproduksi oleh BASRA (Berita Anak Surabaya)
Cara Mengetahui Kondisi Kulit yang Sehat (406883)
Ilustrasi perawatan kulit. Kondisi kulit yang sehat dapat terwujud dengan perawatan yang menyeluruh dari luar dan dalam. Foto: Pixabay
Setiap perempuan memiliki definisi cantik yang berbeda. Namun hal yang menjadi perhatian banyak perempuan adalah seseorang itu dikatakan cantik apabila warna kulitnya putih.
ADVERTISEMENT
Padahal, seseorang dapat dikatakan cantik salah satunya ditentukan oleh kondisi kulitnya yang sehat, bukan kulit yang putih.
Lalu, bagaimana cara mengetahui kondisi kulit yang sehat? Dr. Michael Reo, Medical Manager PT Darya-Varia Laboratoria Tbk mengatakan, indikasi kulit yang sehat yakni memiliki warna kulit yang cerah dan merata, lembap, halus, bebas noda, kencang dan kenyal.
Kondisi kulit yang optimal dapat terwujud dengan perawatan yang menyeluruh dari luar dan dalam. Dari luar, harus senantiasa melindungi dan menjaga kulit dari paparan sinar UV, melakukan perawatan kulit yang rutin, serta menutrisi kulit.
“Perawatan kulit dari dalam antara lain dapat dilakukan dengan menjalankan pola hidup sehat serta mengkonsumsi suplemen bila diperlukan. Jadi, warna kulit bukan menjadi ukuran sehat atau tidaknya kulit seseorang, atau cantik dan tidaknya,” jelasnya dalam keterangan yang diterima Basra, Minggu (25/4).
ADVERTISEMENT
Memiliki kulit yang sehat, lanjutnya, merupakan bagian dari kecantikan perempuan yang harus selalu dijaga kondisinya agar selalu terlihat segar berseri.
Menurut Thomas B Fitzpatrick, seorang dermatolog yang menciptakan Fitzpatrick Skin Scale pada tahun 1975, ada 6 tipe warna kulit yang berbeda. Semakin tinggi angka yang tertera di skala ini, maka semakin gelap warna kulit.
Warna kulit sangat tergantung dari faktor genetis ataupun ras. Kebanyakan orang Indonesia termasuk ke dalam tipe 3 dan 4, yaitu warna kulit kuning langsat (light brown) atau sawo matang (medium brown). Warna kulit ini tergolong tidak mudah terbakar, namun mudah menjadi gelap akibat terpapar sinar matahari.
Setiap perempuan memiliki kecantikan alami dan lebih abadi dari sekadar penampilan fisik. Itulah yang disebut inner beauty. Kecantikan fisik seseorang bisa memudar seiring berjalannya waktu, tetapi inner beauty alias kecantikan yang berasal dari dalam tidak akan pernah hilang.
ADVERTISEMENT
Di masa pandemi seperti sekarang ini, perempuan-perempuan tangguh yang senantiasa memberikan inspirasi dalam aktivitas dan kesehariannya, merupakan pencerminan yang tepat bagi gerakan 'Kelebihanmu Kecantikanmu' yang kini tengah dikampanyekan Natur E.
Gerakan tersebut ingin menyebarkan pesan bahwa kecantikan yang sesungguhnya dapat terpancar apabila perempuan merasa nyaman dengan dirinya sendiri dan menyadari kelebihannya.
"Dedikasi atas profesi yang mereka jalani, walaupun harus menerjang risiko yang timbul, tentu saja dapat menjadi sumber inspirasi bagi kita semua," ujar Widya Wulandari, Brand Manager Natur E.