Pencarian populer

Cerita Agri Bisono, 'Arek Suroboyo' yang Jadi Desainer Mobil di Jepang

Agri Bisono. Dok. Pribadi

Pada artikel ini, Basra mengangkat kisah Arek Suroboyo yang sukses di tanah rantau. Namanya Agri Bisono, pria asal Surabaya yang sudah 2,5 tahun berkarier sebagai desainer mobil di Studio Sign Daihatsu Motor Co Ltd, Jepang. Pekerjaan yang sangat keren, bukan?

Basra sengaja mengontak lulusan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya ini pada Senin (29/4), agar ia dapat berbagi inspirasi dengan para pembaca sekalian. Yuk! Simak obrolan kami.

Ceritakan bagaimana awal mula mendesain mobil dan sampai ke Jepang?

Sebenarnya, dulu cita-cita saya jadi mangaka (komikus manga), lho. Mengapa beralih ke desainer mobil? Karena disarankan oleh orang tua masuk jurusan desain produk industri ITS.

Dari situ, saya mengenal mobil dan sadar bila mendesain styling mobil itu mirip dengan mendesain karakter di komik. Keduanya sama-sama memiliki emosi dan personality berbeda-beda. Dari situ, saya ketagihan menggambar mobil.

Bisa ke Jepang karena dibantu oleh sekolah desain online yang bernama Car Design Academy yang berbasis di Jepang. Saya ambil kelas di situ kira-kira setahun dan setelah lulus mereka membantu saya mencari pekerjaan di Jepang.

Saat masih kuliah, lomba desain apa saja yang pernah diikuti dan mana yang jadi juara?

Saat kuliah, saya tidak terlalu sering ikut lomba desain. Karena saat itu fokus ingin cepat lulus dan lomba yang berhubungan dengan mobil pun juga sedikit. Selepas kuliah baru saya ikut lomba-lomba desain mobil. Berikut ini saya beri daftarnya:

  • 2016: Winner of Digital Interior Design, Sponsored by Accura and Motor Magazine

  • 2016: Best five of POLOisme held by Volkswagen Indonesia

  • 2015: Additional winner of Michellin Design Challenge 2016, Mobility for All.

  • 2015: 2nd Winner of Ideart MPV Design Contest

  • 2014: Winner of #carsketchcompe Vol. 2, Held by Car Design Academy

Lomba-lomba tersebut sangat berkontribusi sekali pada proses pengembangan portofolio saya untuk menuju ke dunia profesional.

Sebenarnya, apa saja sih tugas desainer mobil itu?

Di tempat saya, yang paling utama adalah membuat konsep desain dan memvisualkan dalam bentuk sketsa dan rendering. Secara umum, alur kerjanya dimulai dari konsep ide, sketsa ide, rendering untuk menentukan desain akhir, dan mengontrol proses konversi desain dari yang tadinya dua dimensi ke tiga dimensi. Tiga dimensi yang dimaksud adalah clay model hingga prototype model.

Desain mobil apa saja yang sudah dibuat dan direalisasikan?

Bila yang dimaksud adalah desain mobil yang saya buat sendiri dari nol, belum ada. Namun bila ikut serta dalam mendesain mobil sudah ada beberapa, namun belum rilis dan masih dirahasiakan. Ditunggu ya!

Contoh karya Agri Bisono. Exclusive for Basra

Dari mana mendapat ide atau referensi mendesain mobil? Apa ada merek favorit?

Bisa dari mana pun. Mulai dari hal yang kecil seperti potongan kuku atau yang besar seperti planet Uranus, hehe...

Loading Instagram...

Hanya saja, referensi tersebut akan punya nilai lebih bila dihubungkan dengan kebutuhan emosional konsumen, agar membentuk cerita yang menarik di balik proses desain. Merek favorit saya adalah Lamborghini.

Apa hal-hal yang penting untuk dipertimbangkan sebelum mendesain mobil?

'Ori', 'sinal', dan 'itas' alias orisinalitas, hehe...

Loading Instagram...

Sekarang ini banyak negara berusaha mengurangi kemacetan dan polusi dengan meminimalkan penggunaan kendaraan pribadi. Mereka memperbaiki sarana transportasi massal, menaikkan pajak kendaraan, dan sebagainya. Cara ini secara tidak langsung akan berdampak pada industri pembuatan mobil. Bagaimana tanggapan Anda?

Secara pribadi, saya mendukung kemajuan transportasi publik. Industri mobil akan selalu bertahan, meski dalam skala lebih kecil, dan tujuan customer membelinya akan agak berbeda dengan yang pada umumnya sekarang, menurut saya akan lebih ke arah gengsi atau kesenangan murni pada mobil, dan lebih ke arah seni dibanding fungsi.

Adakah mobil impian yang ingin Anda desain? Kalau ya, ceritakan kecanggihan mobil tersebut.

Lamborghini dan merek mobil saya sendiri (nantinya).

Loading Instagram...

Kecanggihannya bisa terbang dan bisa merambat kali ya?

No, no, saya tidak terlalu memikirkan fungsi kecanggihan, namun lebih fokus pada koneksi emosional antara desain mobil dan penggunanya.

Bisa diceritakan tentang gaya kerja perusahaan Jepang yang baik untuk ditiru?

Setiap pekerja sangat mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Kita semua membawa kotak bekal dan sampahnya kita bawa pulang sendiri. Sehingga di perusahaan tidak ada yang namanya petugas kebersihan.

Bahkan waktu piket pun kita bersih-bersih bareng. Lucunya, bos saya justru yang sering ambil bagian membersihkan toilet, hehehe, keren ya. Mungkin karena saking sayangnya sama perusahaan kami.

Apa kegiatan yang suka dilakukan saat punya waktu luang?

Dulu pada saat masih mahasiswa, waktu luang saya digunakan untuk belajar dan membangun portofolio saya untuk persiapan melamar kerja. Sekarang, di sini, saya lebih suka membangun dunia sosial saya, seperti menambah teman dan mencari pengalaman baru yang menarik yang belum pernah saya punya, mumpung di Jepang, hehe.

(Windy Goestiana)

Loading Instagram...
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36