Cerita Siswa di Surabaya Field Trip ke Istana Wapres dan Kantor DPR RI

Konten Media Partner
24 Januari 2023 10:27 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Siswa SMA Al Hikmah Surabaya berkunjung ke Gedung DPR RI dan Istana Wakil Presiden RI.
zoom-in-whitePerbesar
Siswa SMA Al Hikmah Surabaya berkunjung ke Gedung DPR RI dan Istana Wakil Presiden RI.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebanyak 10 siswa SMA Al Hikmah Surabaya mengikuti kegiatan Al Hikmah Leadership Field Trip ke Gedung DPR RI dan Istana Wakil Presiden RI.
ADVERTISEMENT
Kepala SMA Al Hikmah Surabaya, Ahmad Fais, mengatakan, kunjungan DPR RI bertujuan untuk memberikan wawasan seputar peran lembaga legislatif di Indonesia, mengetahui struktur dan alat kelengkapan DPR RI, kondisi pelaksanaan sidang, serta mengetahui sejarah lembaga legislatif di Indonesia sejak era kolonialisme Belanda hingga sekarang.
Terkait kunjungan ke Istana Wakil Presiden RI bertujuan untuk mengetahui sistem tata kelola pemerintahan RI, khususnya ranah kerja Wakil Presiden, mengetahui sejarah Wakil Presiden, serta kondisi dan suasana ruang kerja dan ruang rapat di istana negara.
"Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi kepemimpinan bagi segenap perwakilan pengurus OSIS sebagai miniatur lembaga eksekutif dan MPK sebagai miniatur lembaga legislatif di tingkat sekolah," ucapnya pada Basra, Selasa (24/1).
ADVERTISEMENT
Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan motivasi kepada para siswa sebagai calon-calon pemimpin masa depan di era Indonesia Emas 2045.
Sementara itu, Achmad Firdaus Assabil salah satu siswa yang ikut kegiatan Leadership Field trip sekaligus Ketua OSIS SMA Al Hikmah Surabaya 2022-2023 mengaku bersyukur karena bisa belajar tentang kepemimpinan yang berkerakyatan dari kompleks parlemen.
"Karena di sanalah setiap jengkal republik ini dapat menyumbangkan aspirasi untuk kemajuan Indonesia," tuturnya.
Terkait kesempatan berkunjung ke Istana Negara, Achmad menuturkan, jika tak semua orang punya kesempatan untuk ke sana.
"Ini merupakan sebuah kesempatan berharga bagi kami dapat belajar kepemimpinan langsung dari ruang kendali negeri. Semoga dengan pengalaman ini bisa membawa bekal untuk kami ke depannya," tukasnya.
ADVERTISEMENT