Curhat Patricia Gouw Miliki Noda Hitam di Wajah karena Abai Perawatan Kulit

Konten Media Partner
12 Maret 2023 9:27 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Model sekaligus influencer, Patricia Gouw (kiri). Foto: Masruroh/Basra
zoom-in-whitePerbesar
Model sekaligus influencer, Patricia Gouw (kiri). Foto: Masruroh/Basra
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dark spot atau noda hitam di wajah akibat paparan sinar matahari menjadi masalah tersendiri bagi kaum perempuan. Masalah kulit ini bisa mempengaruhi kepercayaan diri seseorang.
ADVERTISEMENT
Munculnya noda hitam di wajah juga pernah dialami Patricia Gouw, model sekaligus influencer. Perempuan yang kerap disapa Patgouw ini mengaku permasalahan noda hitam di wajah dialami ketika berusia 19-20 tahun.
Patgouw mengungkapkan, kala itu dirinya belum terlalu mengenal produk perawatan bagi kulit.
“Waktu itu masih sekolah di Australia. Sekitar bulan Desember itu kan panas banget di sana,” ujar Patgouw saat hadir sebagai salah satu pembicara dalam acara StopTheSpot with Luminous 630 yang digelar Nivea di Surabaya, belum lama ini.
Akibat sering beraktivitas di luar ruang saat musim panas dengan suhu di atas 40 derajat celcius itulah, noda hitam muncul di wajah Patgouw. Apalagi Patgouw mengaku belum aware memakai produk perawatan kulit.
ADVERTISEMENT
Dari pengalaman tersebut, Patgouw jadi lebih peduli pada kesehatan kulit termasuk melindungi wajah dari berbagai faktor yang menyebabkan noda hitam, salah satunya dengan menggunakan sunscreen.
Sementara itu dr Irmadita Citrashanty SpKK FINSDV, dokter spesialis kulit dan kelamin, menuturkan jika noda hitam di wajah tidak hanya karena paparan sinar matahari, tetapi terkadang muncul karena adanya bekas jerawat.
Menurut Irmadita, mulai munculnya noda hitam pada masing-masing orang tidak sama. Umumnya noda hitam muncul pada mereka yang berusia 30 tahun ke atas.
"Namun permasalahan kulit ini yang terjadi pada mereka yang berusia 20 tahun berarti tidak menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet," jelasnya dalam kesempatan yang sama.
Menurutnya, pemakaian sunscreen bisa mencegah terjadinya noda hitam di wajah. Tidak hanya saat akan keluar rumah, sunscreen juga tetap digunakan saat di dalam rumah.
ADVERTISEMENT
”Karena kan tetap ada pantulan cahaya juga dari sinar ponsel,” tukasnya.
Irmadita lantas berbagi tips dasar perawatan kulit wajah, yakni rutin membersihkan wajah, menggunakan moisturizer dan sunscreen pada siang hari, serta memperbaiki jika mengalami masalah. Misalnya noda hitam yang perlu ditangani secara hati-hati.
Irmadita mengungkapkan jika banyak perempuan yang melakukan eksfoliasi untuk mencoba mengatasi noda hitam.
"Hati-hati, karena jika berlebihan bisa merusak skin barrier," ingatnya.
Selain kulit wajah, lengan dan punggung tangan juga perlu dilindungi dengan sunscreen. Irmadita juga menganjurkan untuk mengenakan kacamata, baju lengan panjang saat beraktivitas di luar ruangan jika cuaca sedang terik.
Dengan semakin berkembangnya industri kosmetik, Irmadita menyarankan agar konsumen lebih bijak dalam menggunakan produk.
”Ketahui kebutuhan kulit kita dan kandungan bahan aktif yang ada di produk tersebut apakah sesuai dengan kulit kita,” tandasnya.
ADVERTISEMENT