Konten Media Partner

Digelar di Surabaya, Sanghadana Waisak Terbesar se Indonesia Raup Rp323,9 Juta

28 Mei 2024 17:11 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Sanghadana yang digelar di Surabaya.
zoom-in-whitePerbesar
Sanghadana yang digelar di Surabaya.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Young Buddhist Association (YBA) Indonesia menggelar Sanghadana Waisak terbesar se-Indonesia dengan dihadiri lebih dari 30 Bhikkhu yang terbagi di Surabaya dan Jakarta. Sanghadana adalah wujud dana atau pemberian umat kepada Bhikkhu Sangha yang telah menyelesaikan masa vassa.
ADVERTISEMENT
Ketua Panitia Vesak Festival 2024 Anthony Orodiputro menjelaskan, Sanghadana Waisak terbesar se-Indonesia ini menjadi salah satu rangkaian acara dalam Vesak Festival yang digelar di Surabaya pada 22-26 Mei 2024 dan akan digelar di Jakarta pada 29 Mei-2 Juni 2024. Khusus di Surabaya, Sanghadana itu sudah digelar dan antusiasme umat sangat luar biasa.
“Khusus di Surabaya saja, donasi yang terkumpul sebesar Rp 323.912.458. Jumlah ini pasti akan terus bertambah hingga Vesak Festival di Jakarta nanti,” kata Anthony, Selasa (28/5).
Menurutnya, di Vesak Festival Surabaya 2024 ada 21 sponsor, ada pula 70 donatur sukarela (belum termasuk yang berdana saat hari H), dan ada pula paket Sanghadana sebanyak 298 paket.
Hasil dari Sanghadana ini akan diberikan kepada Sangha Agung Indonesia (SAGIN), Sangha Theravāda Indonesia (STI), Sangha Mahayana Indonesia (SMI), Sangha Dhammaduta Indonesia (SDDI), Sangha Theravāda Dhammayut Indonesia (STDI), dan Panditārāma Monastery.
ADVERTISEMENT
“Jadi, Sanghadana akan diberikan kepada para Sangha itu untuk kebutuhan sehari-harinya, termasuk untuk obat-obatan, dan pembangunan Vihara,” katanya.
Anthony menjelaskan bahwa harapan para donatur setelah melakukan sanghadana dengan mempersembahkan jubah secara simbolis supaya mendapatkan berkah lebih di hari Waisak tahun ini.
“Jadi, mereka tidak hanya berdana untuk keberlangsungan acara Waisak yang digagas oleh muda-mudi Buddhis yang kreatif dan inklusif, tapi semuanya bisa kenal dengan agama Buddha, berjodoh dengan menyokong kehidupan suci para Bhante,” ujarnya.
Di samping itu, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Vesak Festival juga berkolaborasi dengan Johnny Salim Community (JSC) melakukan Community Social Responsibility (CSR) berupa donasi pakaian layak pakai, sehingga semua masyarakat dapat berpartisipasi dalam donasi pakaian layak pakai di lokasi acara.
ADVERTISEMENT
“Hasil penjualan pakaian layak pakai ini akan diberikan kepada kaum disabilitas melalui Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus dan Sehjira Indonesia. Oleh karena itu, kami harapkan acara ini membawa manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia dan menjadi pemantik dalam memunculkan jiwa-jiwa pemimpin yang mindful,” pungkasnya.