Konten Media Partner

Elf VS KA di Lumajang, Kondisi Penumpang Selamat yang Dirawat di Surabaya

22 November 2023 17:56 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Dokter ahli bedah syaraf RSUD Dr Soetomo, Dr dr Wihasto Suryaningtyas Sp.BS (K) yang juga Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) RSUD Dr Soetomo (baju putih).
zoom-in-whitePerbesar
Dokter ahli bedah syaraf RSUD Dr Soetomo, Dr dr Wihasto Suryaningtyas Sp.BS (K) yang juga Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) RSUD Dr Soetomo (baju putih).
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dua penumpang yang selamat dari kecelakaan maut minibus Elf versus KA Probowangi di Lumajang, Minggu (19/11) malam, saat ini sedang dirawat intensif di RSUD Dr Soetomo Surabaya. Mereka adalah Warsito (60) dan A (7). Keduanya dirujuk dari RSUD Hartoyo, Lumajang, ke RSUD Dr Soetomo Surabaya pada hari Senin 20 November 2023.
ADVERTISEMENT
Dokter ahli bedah syaraf RSUD Dr Soetomo, Dr dr Wihasto Suryaningtyas Sp.BS (K) yang juga Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) RSUD Dr Soetomo menjelaskan, kedua pasien tersebut masih belum melewati masa kritis.
“Semuanya saat ini dalam masa perawatan, memang masa kritis belum terlewati, masih harus diobservasi,” ujar Wihasto kepada awak media di Surabaya, Rabu (22/11).
Wihasto menjelaskan jika Warsito mengalami gegar otak berat karena mengalami benturan. Warsito juga mengalami cedera dada dan kini berada di ruang ICU karena kondisinya belum sadar dan masih perlu alat bantu pernapasan.
"Pak Warsito mengalami cedera kepala dan dada. Kemudian yang (pasien) anak cedera di organ kepala, pendarahan otak tidak besar," tuturnya.
Wihasto mengungkapkan, kedua pasien sudah mulai menunjukkan respons yang cukup baik. Seperti A yang sudah mulai membuka mata.
ADVERTISEMENT
"Sudah bisa buka mata, mulai respons kalau ada orang yang memanggil, dibandingkan sebelumnya sudah lumayan untuk A," imbuhnya.
Wihasto melanjutkan, jika kondisi keduanya sudah pulih, maka RSUD Dr Soetomo akan melaksanakan pemulihan dari sisi psikologi para korban, khususnya pada korban A yang masih berusia anak-anak.
"Kawan-kawan psikolog nanti masuk ketika sudah sadar betul, jadi untuk menyembuhkan trauma," tukasnya.
Kecelakaan maut Elf VS KA Probowangi itu menewaskan 11 penumpang Elf, 4 orang lainnya selamat. Ke 15 penumpang itu merupakan warga Surabaya. Saat ini 2 penumpang yang selamat lainnya masih menjalani perawatan intensif di Lumajang.