Konten Media Partner

Ini 5 Film Indonesia yang Populer di Tahun 2022

16 Desember 2022 14:09 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ini 5 Film Indonesia yang Populer di Tahun 2022
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tahun 2022 menjadi momen kebangkitan film Tanah Air, setelah terdampak pandemi COVID-19. Hal ini terbukti dari banyaknya film berkualitas, baik dari segi alur cerita maupun pengambilan gambar yang membuat masyarakat penasaran.
ADVERTISEMENT
Bahkan, beberapa film karya sutradara Indonesia juga berhasil menyedot jutaan penonton, hingga mendapatkan beragam penghargaan bergengsi.
Berikut daftar filmnya:
1. KKN di Desa Penari
Kehadiran film KKN di Desa Penari berhasil menghebohkan industri perfilman tanah air. Pasalnya, film yang telah ditunggu-tunggu selama dua tahun ini sukses meraup 9 juta lebih penonton.
Bahkan, film tersebut tidak hanya menjadi film Indonesia terlaris di 2022, tapi terlaris sepanjang masa.
Film yang diangkat dari kisah nyata ini menceritakan perjalanan enam mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah desa terpencil.
2. Pengabdi Setan 2: Communion
Film horor Indonesia lainnya yang tak kalah mencuri perhatian penonton yakni Pengabdi Setan 2. Film garapan Joko Anwar ini berhasil meraih 6 juta lebih penonton.
ADVERTISEMENT
Film ini bercerita tentang babak baru kehidupan keluarga Bapak beserta ketiga anaknya, yakni Rini, Toni, dan Bondi setelah beberapa tahun selamat dari kejadian yang menimpa keluarganya.
Mereka kemudian tinggal di sebuah rumah susun yang terbilang cukup kumuh di kawasan Jakarta Utara. Tujuan mereka pindah untuk melupakan semua kejadian yang telah terjadi.
3. Miracle in Cell No.7
Miracle in Cell No. 7 merupakan film drama keluarga Indonesia tahun 2022 yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo.
Film yang dibuat ulang dari film Korea Selatan tahun 2013 berjudul sama ini bercerita tentang Dodo Rozak, seorang penjual balon penyandang disabilitas intelektual, serta ayah bagi putrinya Ika Kartika.
Suatu hari, Dodo berteriak melihat anjing peliharaan Melati Wibisono, anak pelanggannya yang mati ditabrak motor, namun disalahpahami sebagai ia yang membunuhnya
ADVERTISEMENT
Film yang dibintangi Vino G. Bastian ini sukses mendapatkan 5 juta lebih penonton.
4. Ngeri Ngeri Sedap
Film Ngeri Ngeri Sedap berkisah tentang kedua orang tua yang berasal dari suku Batak dan berpura-pura berkelahi agar anaknya pulang dari perantauan.
Film yang disutradarai Bene Dion Rajagukguk, ini bergenre komedi drama yang dirilis pada 2 Juni 2022.
Film berdurasi 114 menit ini berhasil menang kategori Film Terbaik (Piala Gunungan Emas) Festival Film Wartawan Indonesia, dan sukses menarik hampir 3 juta penonton.
5. Mencuri Raden Saleh
Mencuri Raden Saleh mengisahkan tentang sekelompok anak muda dengan keahlian masing-masing yang ingin mencuri sebuah lukisan di Istana Presiden.
Berawal dari keadaan mendesak karena butuh uang, sekelompok anak muda awam tersebut berencana melakukan pencurian terbesar abad ini, mencuri lukisan Raden Saleh.
ADVERTISEMENT
Film yang dibintangi oleh Umay Shahab, Ari Irham, Rachel Amanda, Angga Yunanda, Aghniny Haque, dan Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan ini sukses menarik 2.350.741 penonton.