Konten Media Partner

Ini Penyakit yang Perlu Diwaspadai Masyarakat saat Libur Lebaran

5 April 2024 9:05 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi kolesterol naik. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kolesterol naik. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Berkaca dari lebaran tahun lalu, penyakit yang berhubungan dengan metabolik seperti diabetes, liver ataupun kolesterol naik pasca lebaran.
ADVERTISEMENT
“Karena ini Hari Raya, umumnya tidak mengontrol makanan, paling banyak tetap kasus metabolis, diabetes, liver,” ungkap Kepala Bidang Pelayanan Medis (Yanmed) RSUD Dr. Soetomo Surabaya
dr. Mouli Edward, (4/4).
Mouli pun mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mengontrol makanan selama lebaran.
Mouli melanjutkan, untuk penyakit yang perlu diwaspadai di masa mudik seperti sekarang didominasi gangguan saluran pernapasan. Ini karena adanya mobilitas tinggi masyarakat di masa mudik.
Sedangkan kasus demam berdarah (DB) yang meningkat drastis di bulan Maret, Mouli menegaskan masyarakat tidak perlu risau.
“Jadi memang ini (DB) ada kenaikan, tapi dalam sejarah RSUD Dr. Soetomo 10 tahun terakhir (kasus DB) yang tertinggi terjadi di tahun 2019," ujarnya.
"Jadi (sekarang) tidak seperti 2019 lalu yang sampai (dirawat) di lantai. Jadi (kasus DB) tidak sesuatu yang mengkhawatirkan dan bed kami cukup, kami juga punya RIK (ruang isolasi khusus) layanan khusus, jadi tidak perlu khawatir,” sambungnya.
ADVERTISEMENT