Kisah Kevin, Pelajar 16 Tahun yang Lolos SNBP Unair

Konten Media Partner
2 April 2024 8:42 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
M Kevin Mulki Hakim. Foto: Humas Unair
zoom-in-whitePerbesar
M Kevin Mulki Hakim. Foto: Humas Unair
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Lolos Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) di Universitas Airlangga (Unair) menjadi mimpi bagi banyak siswa. Salah satu siswa yang berhasil mewujudkan mimpi tersebut di usia yang terbilang cukup muda adalah M Kevin Mulki Hakim. Di usianya yang ke-16, siswa asal Lamongan ini dinyatakan lolos SNBP Unair.
ADVERTISEMENT
Kevin, calon mahasiswa baru (camaba) S1 Teknik Industri Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM) itu mengungkapkan rasa syukurnya karena bisa menjadi bagian dari Unair. Ia mengaku bahwa proses yang ia lalui untuk lolos SNBP bukanlah suatu hal yang instan.
Kevin menjelaskan bisa lolos SNBP di usia 16 tahun. Hal tersebut terjadi karena adanya program baru di madrasah tempatnya bersekolah yaitu kelas akselerasi atau percepatan dua tahun.
“Karena itu, usia saya turun menjadi 1 tahun lebih muda dari teman sebaya saya. Walau begitu, Alhamdulillah saya tetap bisa menjadi siswa yang berada di peringkat ke-2 yang eligible dari sekitar 300 kakak tingkat saya. Dengan itu, saya memberanikan diri untuk mengikuti SNBP 2024,” jelas Kevin, dalam keterangannya seperti dikutip Basra, Selasa (2/4).
ADVERTISEMENT
Tidak hanya itu, Kevin mengaku melalui banyak tantangan untuk mempersiapkan diri menghadapi SNBP di usia yang lebih muda dari kawan seangkatannya. Mulai dari berjuang di kelas akselerasi yang berisi siswa unggulan, belajar untuk ujian, dan bersamaan pula dengan mencari lomba penunjang prestasi yang menjadi salah satu syarat SNBP.
Setelah berhasil menjadi bagian dari Unair, Kevin mengungkapkan bahwa hal tersebut menjadi suatu kebanggaan tersendiri.
“Dari sekian banyak kampus di Indonesia saya memilih Unair sebagai batu pijakan saya guna menjemput karier dan prestasi yang unggul terutama dalam bidang karya ilmiah. UNAIR membawa nama bahkan prestasi,” papar Kevin.
Selanjutnya, Kevin menyampaikan pesan kepada teman-teman lain yang sedang berjuang untuk melanjutkan pendidikan di Unair.
ADVERTISEMENT
“Keberhasilan muncul dari mana saja bukan hanya sekali namun berkali-kali. Dengan syarat, sang penerima mampu bersikap tak pantang menyerah dan selalu berpikir positif. Terus berkarya karena kamu membutuhkan tempat yang tepat,” pungkasnya.