Konten Media Partner

Kualitas Riset Jurnal Ilmiah Unusa Sudah Diakui Internasional

6 Juni 2024 7:35 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) terus berupaya meningkatkan mutu perguruan tinggi. Salah satunya melalui jurnal ilmiah yang mendapatkan pengakuan internasional atau telah terindeks Scopus.
ADVERTISEMENT
Jurnal tersebut adalah Indonesian Journal of Medical Laboratory Science and Technology (IJLMST). Yakni, jurnal peer-review yang diterbitkan Unusa bersama The Indonesian Association of Schools of Medical Laboratory Technology (IASMLT).
"Jurnal ini didirikan pada tahun 2018 oleh para dosen Prodi D4 Analis Kesehatan, Fakultas Kesehatan Unusa. Fokus utamanya di bidang laboratorium medis, meliputi hematologi, kimia klinik, imunoserologi, mikrobiologi, parasitologi, sitoteknologi, toksikologi klinis, dan biologi molekuler," terang Gilang Nugraha, The Editor-in-Chief (EIC) for IJLMST Journal, kepada Basra.
“Hal tersebut menunjukkan bahwa riset-riset yang kami publikasikan memiliki kualitas dan kontribusi yang diakui secara internasional,” sambungnya.
Tidak hanya Scopus, IJMLST juga telah terindeks diberbagai macam pengindeksasi nasional dan internasional seperti DOAJ, Dimensions, Crossref dan Garuda. IJMLST bahkan telah terakreditasi dengan hasil Sinta 2.
ADVERTISEMENT
Sinta memiliki 6 tingkatan kategori untuk mempertegas seberapa bagus kualitas jurnal yang berhasil terdata, yang terdiri dari S1, S2, S3, S4, S5, dan S6. Akreditasi Sinta 1 (S1) merupakan tingkatan paling tinggi dalam kategori akreditasi jurnal Sinta, semakin tinggi tingkatan jurnal Sinta maka semakin bagus kualitasnya.
Terbitan pertama IJLMST dilakukan pada bulan April 2019 dan secara konsisten IJMLST menerbitkan naskah dalam setahun 2 kali yaitu April dan Oktober.
"Editor dan review berasal dari berbagai negara, selain dari Indonesia terdapat juga dari negara Malaysia, Jepang, Irak, Brasil dan Australia," imbuh Gilang.
Pada akreditasi pertamanya IJMLST mampu mencapai Sinta 3 yaitu pada 23 Desember 202, pada 25 September 2023 telah terakreditasi Sinta 2 dan pada 5 Oktober 2023 telah terindeks Scopus. IJMLST telah bekerja sama dengan Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indoneisa (PATELKI) yang merupakan organisasi profesi Teknologi Laboratorium Medik di Indonesia, serta dengan Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Teknologi Laboratorium Meidik Indonesia (AIPTLMI) yang merupakan organisasi Pendidikan Teknologi Laboratorium Meidik.
ADVERTISEMENT
Gilang menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu dan relevansi penelitian.
“Pencapaian Indeksasi Scopus ini memberikan dorongan semangat bagi kami untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan di bidang Analis Kesehatan,” tukasnya.
Menurutnya, indeksasi Scopus membuka pintu bagi peneliti dan akademisi untuk lebih memperluas jangkauan dan dampak dari riset yang dilakukan. Hal ini juga dapat meningkatkan visibilitas jurnal ini di tingkat global, memungkinkan pertukaran pengetahuan dan kolaborasi dengan para peneliti di seluruh dunia.