News
·
2 Februari 2020 12:25

Mahasiswa Ubaya Beri Edukasi Warga Soal Virus Corona

Konten ini diproduksi oleh BASRA (Berita Anak Surabaya)
Mahasiswa Ubaya Beri Edukasi Warga Soal Virus Corona (181077)
Foto-foto : Amanah Nur Asiah/Basra
Merebaknya virus Corona di China membuat masyarakat dunia resah. Terlebih virus mematikan ini sudah tersebar di 15 negara di Asia.
ADVERTISEMENT
Maka tak heran, jika masyarakat Indonesia ikut khawatir, akan penyebaran virus tersebut.
Untuk itu, mahasiswa yang tergabung dalam BEM Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya (FK Ubaya) memberikan edukasi pada masyarakat untuk mengenali virus Corona hingga cara pencegahannya.
Dr. Risma Ikawaty selaku dosen Mikrobiologi FK Ubaya mengatakan, sosialisasi yang dilakukan saat car free day ini untuk menghindari kepanikan dari masyarakat.
"Jadi masyarakat itu bisa tau bagaimana tindakan preventif yang bisa dilakukan ketika ada gejala-gejala virus Corona," ucap Risma ketika ditemui Basra di CFD Darmo pada Minggu (2/1).
Mahasiswa Ubaya Beri Edukasi Warga Soal Virus Corona (181078)
Selain itu, pihaknya juga memberikan edukasi terkait cara pencegahan virus Corona. Diantaranya menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun, menutup mulut ketika bersin atau batuk, melakukan pola hidup sehat, hingga rajin olahraga.
ADVERTISEMENT
Risma pun mengimbau masyarakat agar tidak panik dan tetap waspada ketika mengalami gejala-gejala (batuk, demam, hingga mengalami gangguan pernapasan).
Mahasiswa Ubaya Beri Edukasi Warga Soal Virus Corona (181079)
"Nah kalau gejala-gejala itu semakin berat, segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat. Terus kalau bisa tidak berpergian dulu ke daerah terjangkit," pungkasnya.
Sementara itu, Muhammad Masyudiono mengaku, adanya sosialisasi tersebut sangat bermanfaat.
"Tentu ini sangat bermanfaat bagi kita warga Indonesia. Karena saya taunya dari televisi gitu. Kalau ada sosialisasi gini kan saya jadi lebih tau dan bisa menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari virus," tutupnya.