Melihat Konsep Kantor Masa Depan yang Disukai Generasi Milenial

Konten Media Partner
18 Desember 2021 15:19 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Kantor pusat baru Danone Indonesia yang mengakomodir kalangan milenial. Foto: Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Kantor pusat baru Danone Indonesia yang mengakomodir kalangan milenial. Foto: Istimewa
ADVERTISEMENT
Menurut data Sensus Penduduk 2020 dari Badan Pusat Statistik (BPS), mayoritas penduduk Indonesia adalah generasi Z dan milenial yang sebagian diantaranya telah menjadi bagian dari kelompok pekerja dan sebagian lainnya tengah mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Beberapa tahun ke depan, merekalah yang akan mendominasi kelompok pekerja di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Dwi Sutarjantono selaku People Development Practitioner mengatakan, generasi Z dan milenial memiliki mindset dan style bekerja yang lebih terbuka dan gesit. Karenanya, Dwi menyarankan kepada para pekerja untuk terus mendorong diri menjadi karyawan yang lebih kreatif, produktif, inovatif serta mengedepankan kerja sama tim atau kolaborasi dalam memecahkan masalah, agar sukses dalam menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif.
"Perusahaan harus dapat membantu mereka untuk menghasilkan performa kinerja yang maksimal," ujar Dwi, Sabtu (18/12).
Salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan, lanjut Dwi, adalah menerapkan High-performance culture. Diperlukan struktur organisasi yang lebih horizontal (tidak hierarkis) untuk mendorong terciptanya inovasi dan kolaborasi.
"Perusahaan pun perlu menyediakan tempat kerja yang dibangun menggunakan mindset yang mengarah pada masa depan, yaitu yang mempertimbangkan kebutuhan karyawan yang beragam dan terus berkembang," tukasnya.
ADVERTISEMENT
Dwi lantas mencontohkan konsep kantor pusat baru milik Danone Indonesia. Kantor pusat baru Danone Indonesia, kata Dwi, dirancang dengan mengedepankan nilai sustainability melalui penggunaan material daur ulang untuk beberapa fasilitasnya serta penyediaan fasilitas pengelolaan sampah yang mumpuni.
"Fasilitas kantor juga mendukung gaya hidup aktif, seperti penyediaan tangga internal untuk mendorong karyawan lebih aktif bergerak serta meja kerja yang dilengkapi dengan alat olah fisik seperti walking pad," jelasnya.
Dalam membangun kantor pusat barunya, Danone Indonesia juga menerapkan Activity-Based Working (ABW) sebagai new way of working yang dirancang untuk membantu karyawan menjadi kapten dalam lingkungan kerjanya, yakni leluasa dalam memilih tempat kerja yang dapat meningkatkan produktivitas, kolaborasi, dan inovasi sehingga pada akhirnya dapat tercipta budaya kinerja tinggi (high-performing culture) dalam perusahaan.
ADVERTISEMENT
Demi mendukung karyawan mengasah potensi dan kreativitasnya dalam berinovasi serta menciptakan konektivitas dan kolaborasi, area kerja kantor pusat baru juga memiliki format semi open-space dan dilengkapi dengan teknologi terkini untuk memberikan karyawan keleluasaan dalam memilih area kerja sesuai dengan kebutuhan produktivitasnya.
"Konsep ABW merupakan perpaduan antara open space dan focus space. Konsep ini dirancang untuk membantu setiap individu untuk lebih fokus terhadap hasil, baik saat mereka ingin berkolaborasi, membuat keputusan berbasis data, melakukan virtual sharing, atau pun saat membutuhkan tempat tenang untuk bisa fokus bekerja," tandasnya.