Melihat Pesona Desa Semen Blitar di Ketinggian 700 Mdpl

Konten Media Partner
1 Juli 2022 13:45 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Puncak Sekawan, salah satu destinasi Desa Wisata Semen Blitar. Foto: Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Puncak Sekawan, salah satu destinasi Desa Wisata Semen Blitar. Foto: Istimewa
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Liburan sekolah telah tiba. Berkunjung ke pedesaan dapat menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengisi liburan sekolah. Desa Wisata Semen dapat menjadi pilihan destinasi liburan.
ADVERTISEMENT
Terletak di Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, desa ini masuk dalam 50 desa wisata terbaik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).
Desa Wisata Semen memiliki jarak tempuh sekitar 32,3 km dari pusat kota Blitar atau sekitar 58 menit perjalanan menggunakan mobil. Terletak di antara lereng Gunung Kelud dan lereng Gunung Kawi dengan ketinggian 700 Mdpl, Desa Wisata Semen dikelola oleh para pemuda dengan mengedepankan pariwisata berbasis kearifan lokal.
”Desa Wisata Semen ini dikerjakan bersama-sama dalam konsep pariwisata berbasis komunitas, CBT (community based tourism). Dan ini banyak peluangnya untuk menciptakan lapangan kerja, juga meningkatkan penghasilan karena produk-produk ekonomi kreatif yang sangat beragam,” kata Menteri Parekraf/Baparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, dalam siaran persnya yang diterima Basra, Jumat (1/7).
ADVERTISEMENT
Menteri Parekraf/Baparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung ke Desa Wisata Semen. Foto: Dok. Kemenparekraf/Baparekraf
Beberapa daya tarik Desa Wisata Semen antara lain Air Terjun Kucur Watu Air. Itu adalah air terjun yang masih sangat alami dan terkenal dengan airnya yang jernih. Tempat ini juga sering digunakan masyarakat umat Hindu sebagai air suci. Tidak hanya itu, di sekitar lokasi air terjun juga terdapat tempat yang digunakan masyarakat setempat untuk memanjatkan doa.
Ada pula Kawasan Wisata Ekologi (KWE) Puspa Jagad. Itu merupakan wisata ekologi pertama yang ada di Blitar. Tempat wisata ini menawarkan beberapa produk paket wisata edukasi seperti, paket wisata edukasi sapi perah, konservasi Anggrek, hingga menjadi tempat outbond.
Lalu ada Puncak Sekawan, kawasan hutan yang dulunya aktif dimanfaatkan sebagai tempat produksi getah pinus, kini sukses dibangun oleh Kelompok Sadar Wisata menjadi jalur hiking dan cycling, camping ground, serta spot foto untuk wisatawan pecinta alam. Puncak Sekawan adalah tempat yang tepat untuk menikmati sunrise dan sunset dengan latar pemandangan pegunungan yang mengitari seperti Gunung Kromasan, Gunung Kelud, Pegunungan Putri Tidur, Gunung Gedang, dan Gunung Semeru.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya ada Seni Langen Beksan yang merupakan tarian sambutan para tamu yang datang. Memiliki filosofi agar para tamu yang datang dapat menjadi lebih akrab dengan tuan rumah, sehingga terjalin suatu keakraban yang baik antarpersonal maupun daerah. Tarian ini biasanya dipertunjukkan saat acara besar seperti nikahan, khitanan, juga penyambutan tamu besar.
Ada pula Jaranan Dor sebuah kesenian yang paling diminati di Desa Semen dan dilestarikan hingga kini. Menggambarkan tentang Ksatria yang gagah perkasa yang tidak takut dengan musuh manapun. Di akhir tarian biasanya wisatawan dapat melihat atraksi penari yang sudah kehilangan kontrol yang menikmati makanan tak lazim yang tidak biasanya dikonsumsi oleh manusia.