Mengenal Pijat Tuina pada Bayi dan Teknik Pemijatannya

Konten Media Partner
30 Juni 2022 13:57 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Terapi pijat pada bayi. Foto-foto: Masruroh/Basra
zoom-in-whitePerbesar
Terapi pijat pada bayi. Foto-foto: Masruroh/Basra
ADVERTISEMENT
Pijat bayi memberikan beragam manfaat. Manfaat pijat bayi tidak hanya bisa didapatkan dari pemijatan oleh tenaga profesional di pusat perawatan bayi atau spa bayi, tapi juga bisa diperoleh dari pemijatan yang dilakukan di rumah.
ADVERTISEMENT
Dalam rangkaian HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Prodi D3 dan S1 Kebidanan Unusa mengadakan kegiatan pemeriksaan ibu hami, senam yoga ibu hamil, serta pijat bayi. Untuk kegiatan yang terakhir tidak hanya berupa layanan pijat bayi dan balita yang diberikan secara gratis, tapi juga mengajari ibu teknik pijat yang benar.
"Untuk pijatnya kita ada pijat tuina, dan kita juga bekali orang tua cara pijat yang benar untuk mengatasi masalah yang sering muncul pada bayi. Misalnya pijat batuk pilek dan juga pijat kalau anak susah makan, atau perut kembung," jelas Kaprodi D3 Kebidanan Unusa Fritria Dwi Anggraini, Kamis (30/6).
Dijelaskan Fitria, pijat tuina adalah teknik pijat tradisional China. Pijat ini bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan anak. Pijat tuina langsung mempengaruhi aliran energi tubuh dengan memegang dan menekan tubuh pada titik-titik akupresur tertentu.
Salah satu kelebihan pijat tuina dibanding pijat lainnya adalah kemampuannya yang fokus pada masalah spesifik dan tidak hanya bekerja pada otot, tulang, dan sendi namun juga bekerja dengan energi tubuh pada tingkat yang lebih dalam sehingga dapat menjaga energi tubuh dalam keseimbangan.
ADVERTISEMENT
Tekni pijat tuina cukup mudah. Berikut langkah-langkah pijat tuina:
Langkah 1
- Tekuk sedikit ibu jari anak dan gosok garis di pinggir ibu jari di sisi telapaknya. Pijat dari ujung ibu jari hingga ke pangkalnya antar 100 - 500 kali. Ini membantu memperkuat fungsi pencernaan dan limpa.
Langkah 2
- Pijat tekan melingkar bagian pangkal ibu jari yang paling tebal berdaging 100 - 300 kali. Ini akan menguraikan akumulasi makanan yang belum dicerna serta menstimulasi lancarnya sistem cerna.
Langkah 3
- Gosok melingkar tengah telapak tangan 100 - 300 kali dengan radius lingkaran kurang dari dua pertiga dari tengah telapak tangan ke pangkal jari kelingking. Stimulasi ini akan memperlancar sirkulasi daya hidup dan darah serta menyelaraskan lima organ utama tubuh.
ADVERTISEMENT
Langkah 4
- Tusuk dengan kuku Anda serta tekan melingkar titik yang berada di tengah lekuk buku jari yang terdekat dengan telapak. Untuk jari telunjuk, tengah, manis, dan kelingking. Tusuk dengan kuku sebanyak tiga hingga lima kali dan pijat tekan 30 - 50 kali per titik. Ini akan memecah stagnasi di meridian dan menghilangkan akumulasi makanan.
Langkah 5
- Tekan melingkar dengan bagian tengah telapak tangan Anda, di area tepat di atas pusarnya searah jarum jam sebanyak 100 - 300 kali. Ini menstimulasi makanan agar lebih lancar.
Langkah 6
- Dengan kedua ibu jari, tekan, dan pisahkan garis di bawah rusuk menuju perut samping 100 - 300 kali. Ini memperkuat fungsi limpa, lambung, dan memperbaiki pencernaan.
ADVERTISEMENT
Langkah 7
- Tekan melingkar titik di bawah lutut bagian luar, sekitar empat lebar jari anak di bawah tempurung lututnya sekitar 50 - 100 kali. Gerakan ini bakal menyelaraskan lambung, usus, dan pencernaan.
Langkah 8
- Pijat secara umum punggung anak lalu tekan dengan ringan tulang punggungnya dari atas ke bawah sebanyak tiga kali. Lalu cubit kulit di kiri-kanan tulang ekor dan merambat ke atas hingga lebar tiga hingga lima kali. Gerakan ini untuk memperbaiki nafsu anak.