Pencarian populer

Menikmati Danau Kupu-kupu di Hutan Kota Pakal

Suasana di Hutan Kota Pakal, Surabaya. Foto: Amanah Nur Asiah/Basra

Bagi para pemudik yang hendak menuju Surabaya dari Lamongan, Gresik, Tuban, dan sekitarnya, jika kalian masuk dari kawasan Barat dan mulai lelah di perjalanan, cobalah mampir sejenak di Hutan Kota Pakal di daerah Sidorejo, Pakal, Surabaya Barat.

Loading Instagram...

Hutan Kota Pakal ini sungguh sejuk karena dipenuhi berbagai pohon, seperti Cemara Udang, Ketepeng, Sawo Kecik, Trembesi, Mahoni, Akasia, Bakau, dan Waru Laut. Hutan Kota Pakal mempunyai luas lahan sebesar 6 hektare.

Suasana asri yang ditawarkan oleh Hutan Kota Pakal ini rupanya menarik warga untuk datang berkunjung menikmati kesejukan di sana. Salah satunya Paras Cindy, warga Benowo yang sengaja datang untuk menghabiskan waktu liburan.

“Mumpung liburan, jadi saya ajak anak-anak main ke sini (Hutan Kota Pakal). Apalagi hutan kota ini menawarkan sesuatu yang jarang ada di kota besar. Kita bisa menikmati pemandangan hijau dan suasana sejuk seperti di pedesaan," ungkap Cindy.

Senada dengan Cindy, Dwi Kuswinarti, warga Kendung Indah, sengaja datang hanya untuk menikmati kesejukan di Hutan Kota Pakal. “Karena di kota besar udara sejuk seperti ini kan sudah jarang. Jadi saya tidak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk menikmati suasana alam seperti ini,” ucap Dwi.

Loading Instagram...

Meski menawarkan suasana yang begitu indah, Dwi berharap ke depannya pemerintah lebih memperhatikan akses masuk di kawasan hutan kota. "Akses masuknya ini lumayan susah, apalagi jalan di perlintasan rel keretanya ini rusak. Jadi semoga bisa diperbaiki lagi," pungkasnya.

Selain pepohonan, terdapat juga tambak-tambak yang diisi dengan bibit ikan untuk dikembangkan seperti bandeng, udang, dan ikan mas. Di hutan kota ini juga ada danau berbentuk kupu-kupu yang indah.

(Reporter: Amanah Nur Asiah / Editor: Windy Goestiana)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36