Food & Travel
·
22 September 2020 12:24

Menikmati Teh Celup dari Tanaman Semak Beluntas, Si Pereda Demam

Konten ini diproduksi oleh BASRA (Berita Anak Surabaya)
Menikmati Teh Celup dari Tanaman Semak Beluntas, Si Pereda Demam (33662)
Teh celup dari daun beluntas. Foto-foto: Masruroh/Basra
Alam Indonesia mempunyai banyak tanaman herbal. Sayangnya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui detil manfaat dari tanaman herbal bagi kesehatan tubuh, salah satunya tanaman beluntas.
ADVERTISEMENT
Tanaman bernama latin Pluchea Indica ini merupakan tanaman semak yang bercabang banyak serta umum digunakan sebagai tanaman pagar. Meski memiliki bunga, tapi bagian yang paling banyak dimanfaatkan ialah daun beluntas itu sendiri.
Melihat banyaknya daun beluntas yang ada di pekarangan rumah, memberikan ide pada
Nur Aisyah untuk mengolahnya. Mahasiswa program studi (prodi) D-4 Analias Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) ini mengolah daun beluntas menjadi teh celup.
"Saya ingin masyarakat itu mudah mengonsumsi daun beluntas, jadi saya mengolahnya menjadi teh celup atau teh debu," ujar Nur kepada Basra, Selasa (22/9).
Bersama ketiga rekannya, masing-masing Adinda Priyanti Dewi, Marwatul Hasanah yang merupakan mahasiswa dari prodi D-4 Analias Kesehatan, dan Avia mahasiswa prodi S1 Gizi, Nur membuat teh debu yang terdiri dari daun beluntas dan gula batu.
Menikmati Teh Celup dari Tanaman Semak Beluntas, Si Pereda Demam (33663)
Nur Aisyah, mahasiswa program studi (prodi) D-4 Analias Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa).
"Saya dan tim mengolah daun beluntas ini agar lebih mudah untuk dinikmati dengan dibuat seperti teh celup. Dan dalam kantong teh celupnya juga terdiri dari berbagai macam ramuan yang dapat menjaga kesehatan tubuh peminumnya," ucap Aisyah.
ADVERTISEMENT
Aisyah menjelaskan daun beluntas memiliki beberapa khasiat seperti meningkatkan nafsu makan, membantu melancarkan pencernaan, meluruhkan keringat, menghilangkan bau badan dan bau mulut. Selain itu juga dapat meredakan demam, nyeri tulang, sakit pinggang, dan keputihan.
"Daun ini memiliki khasiat yang sangat bagus, jadi kami ingin membuat minuman ini dapat mudah untuk dinikmati," imbuhnya.
Tidak hanya itu, dalam teh celup ini terdapat bunga mawar yang memiliki manfaat untuk kesehatan seperti meredakan sakit kepala, baik untuk sistem pencernaan, menurunkan berat badan, meningkatkan sistem imun, dan menyehatkan mata.
"Selain itu ada gula batu yang mempunyai khasiat sebagai sumber energi tubuh, meredakan stres, meredakan nyeri haid, dan solusi bagi penderita darah rendah," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Adapun cara mengonsumsi daun beluntas celup ini sama seperti teh celup lainnya, dimana daun beluntas celup dimasukkan dalam gelas lalu tuang air panas ke cangkir atau gelas hingga air berubah warna.
"Jika ingin ditambah khasiatnya bisa ditambahkan gula," simpulnya.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white