kumparan
search-gray
Food & Travel31 Juli 2020 10:12

Nanas Jadi Kunci Olah Daging Kambing Tanpa Alot dan Berbau

Konten Redaksi BASRA
Nanas Jadi Kunci Olah Daging Kambing Tanpa Alot dan Berbau (375948)
Chef Ervin Triana, Executive Chef Hotel Santika Pandegiling Surabaya.
Mengolah daging kambing untuk sajian Idul Adha memang gampang-gampang susah. Salah cara memasak, daging kambing akan jadi masakan yang alot dan berbau.
ADVERTISEMENT
Chef Ervin Triana, Executive Chef Hotel Santika Pandegiling Surabaya, mengungkapkan cara alami untuk mengempukan daging kambing adalah dengan buah nanas.
"Di dalam buah nanas terkandung zat asam dengan jumlah tinggi yang bisa membuat daging kambing empuk. Apalagi memperoleh buah nanas juga bukan hal yang sulit," ujarnya kepada Basra, (29/7).
Adapun cara mengempukan daging kambing dengan buah nanas, pertama siapkan satu buah nanas berukuran sedang untuk 1 kilogram daging kambing.
Kedua, bersihkan buah nanas maupun daging kambing, tambahkan 1 sendok teh garam dan remas keduanya secara bersama hingga tercampur. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.
"Lalu kita siapkan panci untuk merebusnya. Saat merebus campuran daging kambing dan buah nanas tadi, bisa pula ditambahkan aneka rempah-rempah seperti satu batang sereh, satu genggam daun jeruk, tiga lembar daun salam, dan sedikit kayu manis, kapulaga, jahe, serta lengkuas. Rempah-rempah ini untuk menghilangkan bau prengus daging kambing," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Saat merebus daging kambing tersebut, lanjut Chef Ervin, juga ada tekniknya. Daging direbus dengan api besar hingga mendidih, lalu rebus daging dengan api kecil selama kurang lebih 1 jam.
Selain buah nanas, daun pepaya juga disebutkan Chef Ervin dapat mengempukan daging kambing. Caranya, daging kambing dibungkus dengan daun pepaya, kemudian diremas-remas. Diamkan selama kurang lebih satu jam.
"Kalau pakai daun pepaya memang agak lama. Kita harus nunggu selama 1 jam," imbuhnya.
Hal lainnya yang perlu diperhatikan, kata Chef Ervin, adalah cara penyimpanan daging kambing. Cara yang terbaik, daging kambing disimpan dalam freezer sebelum direbus.
"Ini agar kualitas daging dan rasanya tetap terpelihara. Daging kambing harus disimpan dalam kondisi mentah setelah sebelumnya dibersihkan dulu," tutupnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white