Patrick Spray, Inovasi Deodoran Anti Jamur dari Ekstrak Bintang Laut

Konten Media Partner
6 Desember 2022 13:35 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Produk Patrick Spray inovasi mahasiswa Unair.
zoom-in-whitePerbesar
Produk Patrick Spray inovasi mahasiswa Unair.
ADVERTISEMENT
Bintang laut merupakan salah satu sumber penghasil senyawa bioaktif seperti flavonoid yang bermanfaat bagi tubuh manusia.
ADVERTISEMENT
Hal inilah yang melatarbelakangi lima mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya untuk menggagas Deodoran Ekstrak Bintang Laut, yang diberi nama Patrick Spray.
Kelima mahasiswa tersebut di antaranya Mesy Indriani, Aldy Kurnia Aji, Putri Salma Nabila, Jihan Aura, dan Muhammad isaac.
Mesy selaku ketua tim menuturkan, konsep Patrick Spray sama seperti deodoran pada umumnya. Hanya saja, bahan yang digunakan merupakan bahan yang paling aman untuk dipakai di kulit manusia, yaitu ekstrak bintang laut.
"Bintang laut memiliki kandungan flavonoid sebagai antibakteri. Flavonoid itulah yang menjadi bahan utama produk ini," ucap Mesy, Selasa (6/12).
Menurut Mesy, kandungan flavonoid dalam bintang laut, telah terbukti secara ilmiah merupakan yang paling aman digunakan di kulit manusia dengan kadar pH rentang 5–6.
ADVERTISEMENT
Dalam produksinya, Mesy menyebut, bahwa satu bintang laut dapat menghasilkan lima sampai enam mililiter flavonoid.
"Untuk prosesnya, pertama bintang laut akan direbus dan disuling sehingga menghasilkan cairan yang mengandung flavonoid dan zat-zat lainnya. Selanjutnya, cairan itu akan diekstrak beberapa kali hingga tersisa flavonoidnya saja," jelasnya.
Tim Patrick Spray.
Mesy menjelaskan bahwa produk ini tentu tidak luput dari efek samping. Untuk itu, ia dan tim memproduksi beberapa varian Patrick Spray dengan menyesuaikan kebutuhan kulit konsumen.
Varian tersebut di antaranya extra whitening untuk mencerahkan kulit, dry comfort untuk kulit sensitif dan berminyak, serta varian fresh natural.
Terkait keunggulan produk ini yaitu mengandung anti jamur dan flavonoid yang ramah lingkungan, harga terjangkau, serta packaging holdble.
Berkat inovasi tersebut, tim Patrick Spray berhasil meraih medali perunggu kategori poster dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2022.
ADVERTISEMENT
Diketahui, produk Patrick Spray sudah diperjualbelikan secara daring di laman e-commerce yang dibuat oleh tim tersebut.
Mesy berharap ke depannya dapat merealisasikan bisnis dan produk Patrick Spray agar semakin berkembang di dunia pasar. Terutama dalam penyusunan pengembangan produk di bidang pemasaran dengan jangkauan yang lebih luas.
“Rencana ke depannya kami harap dapat mengembangkan bisnis dan produk kami. Sebenarnya sudah ada yang terjual secara online tetapi kami berencana untuk mengembangkannya lebih baik lagi dari segi produk maupun pemasaran dan penjualan,” pungkasnya.