Konten Media Partner

Perawatan Batuk Pilek Anak di Rumah Rekomendasi Dokter

24 Agustus 2022 10:36 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi anak batuk pilek. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi anak batuk pilek. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Saat batuk menyerang, pastinya anak merasa terganggu dengan keadaan tersebut. Karenanya penting bagi orang tua menjaga daya tubuh anak saat mengalami batuk pilek.
ADVERTISEMENT
Dokter spesialis anak National Hospital Surabaya dr Benny Herlianto, SpA, mengungkapkan aktivitas fisik tetap penting dilakukan anak saat batuk pilek.
"30 menit per hari aktivitas fisik. Kemudian makan makanan bergizi, bisa dibantu minum multivitamin juga," ujarnya kepada Basra, Rabu (24/8).
Saat anak batuk pilek, lanjut Benny, selama anak masih aktif bergerak dan tidak ada suara tambahan seperti ngik-ngik ataupun grok-grok pada anak, maka penanganan batuk pilek dapat dilakukan sendiri di rumah.
"Bisa pakai cara seperti petunjuk di buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), menggunakan obat herbal yang bisa dibikin sendiri misalnya minum campuran kecap manis dan perasan jeruk nipis. Tapi kalau grok-grok harus periksa ke dokter lho ya," jelasnya.
Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan saat anak batuk pilek, kata Benny, adalah hindari anak mandi terlalu sore atau malam, hingga menghindari hawa yang terlalu dingin.
ADVERTISEMENT
Benny mengingatkan agar anak tidak mandi terlalu malam. Apabila di rumah memakai AC bisa dipasang suhu antara 25-27 derajat Celsius agar tidak terlalu dingin.
Cuaca panas terik seperti sekarang juga rentan memicu anak sakit. Benny pun memberikan sejumlah trik menjaga daya tahan tubuh anak di tengah cuaca terik.
"Cuaca sekarang dibilang tidak menentu, kalau panas bisa panas banget, kalau malam bisa dingin banget. Jadi panas dingin sehingga anak-anak malah gampang batuk pilek," tandasnya.
Saat cuaca terik sebaiknya anak dibatasi beraktivitas di luar ruangan atau saat hujan turun tidak bermain hujan-hujanan.
"Jangan bermain di luar rumah saat cuaca terik, dan jangan hujan-hujanan karena memang belum waktunya musim penghujan. Aktivitas fisik tetap dilakukan tapi jangan sampai terpapar panas saat sedang terik," katanya.
ADVERTISEMENT
Benny berpesan pada orang tua saat anak batuk pilek sebaiknya menghindari konsumsi minuman dingin seperti es krim, atau makanan yang menambah tenggorokan gatal seperti pemanis maupun perasa buatan.
"Hindari dulu konsumsi buah yang juga bisa bikin tenggorokan tambah gatal semangka, mangga, anggur, kelengkeng," tukasnya.