News
·
12 September 2020 14:19

Podcast Storytelling, Mudahkan Siswa SD Belajar Bahasa Inggris

Konten ini diproduksi oleh BASRA (Berita Anak Surabaya)
Podcast Storytelling, Mudahkan Siswa SD Belajar Bahasa Inggris (30555)
Pandemi COVID-19 tak menyurutkan semangat mahasiswa dan alumni Program English for Creative Industry (ECI) UK Petra untuk melakukan pengabdian masyarakat (Abdimas).
ADVERTISEMENT
Dalam kegiatan abdimas kali ini, UK Petra menghadirkan SPELLBOUND, storytelling podcast for children.
Meilinda, M.A., dosen ECI sekaligus ketua proyek Abdimas mengatakan, gagasan tersebut muncul untuk membantu para guru SD memberikan pembelajaran Bahasa Inggris dengan cara menghibur dan mudah dipahami.
"Namun karena podcast ini berupa cerita Bahasa Inggris dan nantinya bisa diakses publik, podcast ini bisa digunakan juga oleh masyarakat yang lebih luas, termasuk para orang tua yang mencari hiburan bermutu untuk anak-anaknya ketika belajar di rumah," kata Meilinda, Sabtu (12/9).
Dalam podcast tersebut, terdapat dua tema utama yaitu proses mengenal diri sendiri dan kemampuan menerima perbedaan. Melalui dua tema ini, cerita-cerita ini diharapkan bisa membantu anak dalam mengembangkan diri dan bertoleransi di dalam kehidupan sosialnya.
Podcast Storytelling, Mudahkan Siswa SD Belajar Bahasa Inggris (30556)
Salah satu cerita yang diangkat dalam Spellbound tersebut adalah Gilbert's Journey to the Upper Sea.
ADVERTISEMENT
Karya dari Angelica Livianita Setianto ini bercerita mengenai diskriminasi, perlakuan tidak adil atau tidak mengenakan terhadap orang yang terlihat berbeda.
"Melalui cerita ini, saya ingin menyampaikan bahwa terkadang kita terlalu cepat menilai orang dengan negatif bahkan sebelum kita mencoba untuk mengenal orang tersebut. Namun, menilai sebelum mengenal berarti menjauhkan kita dari calon teman, siapa tau orang tersebut adalah orang yang akan nantinya menjadi teman, sahabat kita yang dapat menolong kita, dan begitu pula sebaliknya," jelasnya.
Diketahui, cerita podcast berdurasi 7-8 menit ini ditayangkan di Spotify, Youtube, dan Google Podcast selama September setiap Hari Jumat.