Sekolah Internasional di Surabaya Galang Dana Penyediaan Air Bersih Warga NTT

Konten Media Partner
20 Juni 2023 16:16 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Sekolah Internasional di Surabaya Galang Dana Penyediaan Air Bersih Warga NTT
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
Air yang layak adalah salah satu kebutuhan dalam peningkatan kesehatan dan kesejahteraan warga. Maraknya berita mengenai kondisi masyarakat di Indonesia Timur yang kesulitan air bersih, mendorong siswa Singapore National Academy (SNA) menggalang dana sebagai upaya penyediaan air bersih di Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT)
ADVERTISEMENT
“Aku bisa mandi dan minum tanpa kesulitan, tapi mereka,” demikian pemikiran siswa-siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Singapore National Academy (SNA).
“Awalnya dari dalam sekolah, kita buat acara movie night, dan menjelaskan ke siswa lain bahwa ini bukan sekedar acara tapi membantu banyak orang,” ujar Kelley Chen, Ketua OSIS SNA, Selasa (20/6).
Kelley menjelaskan penggalangan dana dilakukan baik dalam internal SNA, seperti Valentine’s and Coffee Day, hingga acara besar yang dihadiri 400 orang, Grimraiser.
“Momen Halloween kita pakai untuk penggalangan dana dan itu sukses besar,” tambah Accita Ongko, sekertaris OSIS SNA.
Grimraiser adalah acara yang bertema Halloween dengan bazar, anime cosplay, atraksi rumah hantu, dan pesta musik yang dihadiri 400 orang.
ADVERTISEMENT
Kepedulian dan rasa kemanusiaan inilah yang membuat OSIS SNA mampu berkolaborasi dan menggalang dana hingga Rp. 45.000.000, yang kemudian disalurkan melalui Wahana Visi Indonesia untuk pembangunan penampungan air hujan dan sumur bor pada beberapa desa di Sumba.
Melalui program Water for Sumba, donasi OSIS SNA dialokasikan untuk program penyediaan fasilitas air bersih dalam bentuk pengadaan dua Penampungan Air Hujan (PAH) komunal.
Program Water for Sumba sendiri akan menjangkau 180 keluarga di 5 desa di Sumba NTT.