kumparan
KONTEN PUBLISHER

Siswa SMPN 1 Surabaya Sabet Juara Nasional Robotik

IMG-20191009-WA0015.jpg
Foto-foto : Dok. Pribadi
Prestasi membanggakan berhasil diraih Tim Robotik SMP Negeri 1 Surabaya. Dalam penyelenggaraan lomba Robotik Euonia 2019 tingkat nasional yang diselenggarakan di SMA Negeri 5 Surabaya, Tim Robotik SMP Negeri 1 Surabaya berhasil meraih juara pertama.
ADVERTISEMENT
Adalah Pande Made siswa kelas 8 dan Augista Eksofon siswa kelas 9 yang berhasil menyabet juara 1 setelah menyisihkan 50 tim.
"Sebelumnya kami belum pernah satu tim, baru gabung karena mau ikut lomba itu. Saya sendiri yang pilih Pande jadi teman dalam satu tim. Kita sama-sama ikut ekskul robotik," kata Gista kepada Basra, Rabu (9/10).
Meski timnya dibentuk mendadak, tapi keduanya tak main-main mengikuti lomba tersebut. Selama satu bulan lamanya mereka rutin berlatih. Robot yang dipertandingkan merupakan kreasi keduanya.
"Robot kita bikin sendiri kurang lebih 2 sampai 3 minggu," imbuh Pande.
IMG-20191009-WA0016.jpg
Gista dan Pande berhasil meraih juara 1 untuk kategori robot Line Tracer Analog. Robot ini merupakan sebuah robot pengikut garis yang memiliki sensor untuk menentukan garis yang akan ditolak oleh sensor dan bagian lain akan diterima oleh sensor.
ADVERTISEMENT
Sehingga bagian yang diterima dan bagian yang ditolak secara otomatis dari sistem komparator akan diselaraskan maju mengikuti garis, oleh karena itu dinamakan robot pengikut garis atau Line Tracer.
Gista dan Pande berhasil menyabet juara pertama setelah melalui lima tahap pertandingan.
"Belum pernah ikut kategori tim, baru sekarang ini dan langsung dapat juara satu," kata Gista seraya tersenyum. (Reporter : Masruroh / Editor : Windy Goestiana)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan