kumparan
KONTEN PUBLISHER

Sofía Jirau, Model Down Syndrome Pertama di New York Fashion Week 2020

sofia jirau 2.jpg
Dok. Instagram Sofía Jirau.
Nama Sofía Jirau mendadak jadi perhatian dunia setelah sosoknya tampil di New York Fashion Week pada 10 Februari 2020. Model berusia 22 tahun asal Puerto Rico ini merupakan penyandang down syndrome yang memulai debutnya di peragaan busana milik Marissa Santiago.
ADVERTISEMENT
"Kemarin (10/2) aku sudah mewujudkan mimpiku. Aku dilahirkan untuk melakukan ini (menjadi model) dan aku akan menunjukkan pada dunia kalau aku punya semua yang dibutuhkan untuk menjadi model sukses," kata Sofía dalam wawancaranya bersama situs kecantikan latin, Remezcla.
Selain sebagai model, Sofía merupakan pengusaha yang punya butik online bernama "Alavett" yang berarti "I love you". Sofía menjual berbagai pernak-pernik lucu seperti dompet sampai stiker untuk menambah kepercayaan diri orang-orang yang punya kromosom sama dengannya.
"Aku melihat diriku di cermin dan setiap aku melakukannya aku seperti punya kekuatan baru," kata Sofía.
sofia jirau 1.jpg
Sofía beruntung karena memiliki keluarga yang memberikan dukungan penuh kepadanya. Selain itu dia juga mengagumi sosok Jennifer Lopez yang menurut Sofía bisa mengeluarkan aura diva dalam dirinya.
ADVERTISEMENT
"Aku ingin bertemu Jennifer Lopez. Aku suka caranya berpakaian, aku suka kepribadiannya. Aku suka semua baju-bajunya, aku suka lagu-lagunya, aku punya semua CD nya, foto-fotonya, semua," kata Sofía.
Sofía hanya ingin membuktikan pada dunia kalau sebagai penyandang down syndrome juga bisa berkarya. Tak perlu membatasi diri karena sebenarnya segala potensi layak untuk dicoba. Melalui akun Instagramnya @sofiajirau, Sofía punya followers sebanyak 64 ribu lebih.
Sejak 2018 New York Fashion Week sudah memberi ruang untuk model down syndrome untuk bisa berkarier sebagai model profesional.
Sebut saja nama Madeline Stuart yang akhirnya dinobatkan sebagai Model of The Year dan Marian Avila yang pernah melenggang di panggung NYFW untuk karya Talisha White.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan