Woman
·
22 Agustus 2020 6:17

Tips Menggunakan Hand Sanitizer Supaya Tak Kering di Tangan

Konten ini diproduksi oleh
Tips Menggunakan Hand Sanitizer Supaya Tak Kering di Tangan (724)
Membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Foto-foto: Masruroh/Basra
Mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer di masa pandemi menjadi hal yang sangat penting dilakukan. Cara ini dianggap paling efektif untuk membunuh bakteri.
ADVERTISEMENT
Setiap kali kita keluar rumah atau usai melakukan aktivitas, kita harus langsung mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan. Namun pemakaian hand sanitizer tanpa henti ternyata bisa menyebabkan kulit tangan menjadi kering.
"Hand sanitizer kan mengandung alkohol atau bahan-bahan lainnya sebagai pembunuh bakteri. Nah, bahan-bahan inilah yang dapat membuat kulit menjadi kering bahkan iritasi," ujar dr. Meita Witanti, Dokter Trainer dan Branch Manager Esther House of Beauty WR Supratman Surabaya, kepada Basra, (21/8).
Sisi kebersihan memang harus diutamakan. Akan tetapi, jangan lupa untuk tetap menjaga kondisi kulit tangan. dr. Meita menegaskan cuci tangan dengan air mengalir dan sabun tetap menjadi pilihan terbaik untuk mencegah kulit iritasi.
Tips Menggunakan Hand Sanitizer Supaya Tak Kering di Tangan (725)
dr. Meita Witanti, Dokter Trainer dan Branch Manager Esther House of Beauty WR Supratman Surabaya
"Kalau ada air mengalir dan sabun, tetap pakai itu untuk mencuci tangan dengan metode yang benar. Ini menjadi pilihan yang terbaik dibanding pakai hand sanitizer," tukas dr. Meita.
ADVERTISEMENT
dr. Meita lantas menuturkan, untuk mencegah iritasi kulit setiap usai membersihkan tangan dengan hand sanitizer, mulailah membiasakan untuk mengoleskan hand cream. Sehingga selain hand sanitizer, bawalah juga hand cream dalam kemasan saat bepergian.
"Kandungan hand cream dapat melembabkan kulit. Jadi bisa mencegah iritasi kulit," imbuhnya.
Namun jika tak sempat memakai hand cream secara rutin setiap usai menggunakan hand sanitizer, penggunaan hand cream dapat dilakukan setiap usai mandi.
Terkait pilihan hand sanitizer kemasan gel atau cair, kata dr. Meita, sejatinya tak ada perbedaan secara kandungan bahan-bahannya.
"Secara kandungan bahan-bahannya sama saja, hanya saja hand sanitizer gel lebih irit. Sedikit saja sudah bisa merata di tangan. Selain itu, hand sanitizer gel lebih nyaman di kulit tangan," pungkasnya.
ADVERTISEMENT