Konten dari Pengguna

PPI Hiroshima Panen Jagung untuk Beasiswa Anak Negeri di Wakai Farm

PPI Dunia
PPI Dunia adalah wadah organisasi yang menaungi seluruh pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri.
14 Juni 2024 14:43 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari PPI Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 PPI Hiroshima bersama warga lokal sukses memanen jagung untuk beasiswa di Wakai Farm, Fukuyama.
zoom-in-whitePerbesar
PPI Hiroshima bersama warga lokal sukses memanen jagung untuk beasiswa di Wakai Farm, Fukuyama.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Fukuyama (6/9) - Persatuan Pelajar Indonesia Jepang Komisariat Hiroshima (disingkat PPIH) bersama dengan warga lokal sukses memanen jagung untuk beasiswa di Wakai Farm, Fukuyama. Sebanyak kurang lebih lima ratus jagung telah dipanen pada tahap pertama. Acara panen jagung kali ini dihadiri oleh perwakilan Pemerintahan Fukuyama, guru dan murid SMA Negeri Fukuyama, serta ketua umum PPI Jepang. Walaupun dalam kondisi hujan rintik, acara tetap dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan dari undangan yang hadir. Acara ini merupakan bentuk rangkaian kegiatan dari program Beasiswa Bidik Anak Negeri 2024. Setiap tahunnya, PPIH memberikan bantuan dana pendidikan kepada siswa SMA/SMK sederajat di Indonesia yang memiki kemampuan akademik namun keterbatasan finansial. Adapun calon penerima beasiswa merupakan siswa aktif yang berasal dari Sabang sampai Merauke.
PPI Hiroshima berfoto bersama warga lokal setelah sukses melaksanakan acara memanen jagung untuk beasiswa di Wakai Farm, Fukuyama.
Pada sambutan pertama, perwakilan Pemerintahan Fukuyama, Sato-san, mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang dikolaborasikan dengan petani lokal di fukuyama, Wakai Farm. Kemudian dilanjutkan pada kesempatan kedua, Wakai-san, sebagai pemilik Wakai Farm yang memberikan apresiasi kepada PPIH atas usahanya untuk mengadakan program ini di tahun 2024. Dia juga akan terus mendukung program yang sama di tahun mendatang. Di kesempatan ketiga, Adrian Hilman, Ketua PPIH menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pengurus PPIH terutama bidang eksternal yang telah berjuang dari awal hingga hari panen jagung. Dia juga menyampaikan bahwa program ini merupakan jembatan penghubung yang baik bagi Indonesia dan Jepang di bidang pertanian dan Pendidikan.
ADVERTISEMENT
Dalam sambutan Ketua PPI Jepang, Fadlyansyah Farid, menyampaikan bahwa program ini layak untuk dilaksanakan di setiap komisariat sebagai bentuk komunikasi kepada warga lokal dengan kolaborasi dalam bentuk program yang bermanfaat bagi kedua belah pihak. Dia juga menyampaikan bahwa program ini harus terus dilanjutkan untuk tahun-tahun berikutnya. Ditambah, program ini telah memenangkan kompetisi PPIJ Awards 2024 sebagai peringkat pertama dalam kategori Yukawa (akademik).
Penapilan tari tradisional dari PPI Hiroshima sebagai pembuka acara.
Acara panen jagung tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Kini, PPIH menampilkan tari tradisional dari melayu, tari persembahan sebagai pembuka acara sebelum memulai panen bersama. Kemudian setelah acara makan siang dilanjutkan dengan penampilan orkestra angklung dan tari topeng. Selain itu, banyak dari warga Indonesia yang hadir mengambil kesempatan untuk membeli sayuran tropis yang ditanam di Wakai Farm.
ADVERTISEMENT