kumparan
8 November 2019 19:13

Bupati Kepulauan Yapen Genjot Produksi Kopi Robusta Ambaidiru

Petani kopi Ambaidiru Serui. (BumiPapua.com/Agies Pranoto)
Serui, BUMIPAPUA.COM – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen terus menggenjot produksi petani kopi Ambaidiru.
ADVERTISEMENT
Kopi Ambaidiru ditanam oleh petani setempat diketinggian 800 meter diatas permukaan laut Kota Serui, ibu kota Kabupaten Kepulauan Yapen.
Kampung Ambaidiru menjadi satu-satunya penghasil kopi jenis robusta dari Papua. Sebab kebanyakan kopi yang ditanam di Papua adalah arabica yang ditanam di daerah kabupaten pegunungan tengah Papua.
Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Toni Tesar menyebutkan untuk menggenjot produksi petani kopi dan memotivasi kerja para petani, pihaknya membantu sejumlah alat pengupas kopi hingga alat roasting kopi.
“Kopi Ambaidiru kami kemas dengan label Lau - Lau Kopi. Lau – Lau atau biasa disebut debagai kanguru pohon khas Papua. Kami beli dengan harga yang lumayan untuk kopi dari petani dan akan dikemas sebaik mungkin,” katanya, Jumat (8/11).
Petani kopi Ambaidiru Serui. (BumiPapua.com/Agies Pranoto)
Bahkan, pada sejumlah agenda kerjanya kemana pun ia berada, Bupati Toni Tesar yang dikenal dengan bapak pembangunan Yapen selalu membawa kopi Ambaidiru untuk dipromosikan kepada siapapun.
ADVERTISEMENT
“Sudah ada beberapa kota yang mulai memesan kopi Ambaidiru. Bahkan setelah mendapat juara dua di ajang Festival Kopi Papua 2018 yang diadakan oleh Bank Indonesia, kami semakin yakin untuk memasarkan kopi ini,” jelasnya.
Lanjut Toni, cita rasa kopi Ambaidiru memiliki perpaduan rasa antara arabica dan robusta. Ia berharap para penikmat kopi bisa menyeruput kopi Ambaidiru langsung di kampung penghasil kopi itu.
“Pemandangan alam nan indah di kebun kopi di perkampungan Ambaidiru dengan ketinggian 700- 800 meter juga wajib dikunjungi. Sambil menikmati kopi enak, sekaligus menikmati segarnya alam Ambaidiru,” ucapnya.
Produksi kopi Ambaidiru sat ini dibandrol dengan harga Rp100 ribu untuk kemasan 250 gram. Untuk mendapatkannya, anda bisa dipesan melalui Kedai Kopi YOI, Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen. Informasi lebih lengkap bisa hubungi IG : Kopi_yoi atau bisa melalui: 0812 488 446 44. (Agies Pranoto)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan