kumparan
KONTEN PUBLISHER
28 November 2019 13:36

Merauke Disepakati jadi Calon Ibu Kota Provinsi Papua Selatan

pertemuan para bupati percepatan PPS_BumiPapua_Abdel.jpeg
Para Bupati dan Ketus DPRD di 4 kabupaten pada bagian selatan Papua yang menggelar pertemuan di Merauke. (BumiPapua.com/Abdel Syah)
Merauke, BUMIPAPUA.COM - Empat bupati di Papua Selatan menyepakati ibu kota Provinsi Papua Selatan (PPS) berkedudukan di Kota Merauke.
ADVERTISEMENT
Ke-4 bupati yang bersepakat itu adalah Bupati Mappi, Asmat, Boven Digul dan Merauke.
Bupati Kabupaten Merauke, Frederikus Gebze menyebutkan para bupati telah bertemu dan sepakat untuk mempercepat proses pembentukan PPS.
Ketua tim pemekaran PPS, Thomas Eppe Safanpo yang juga sebagai Wakil Bupati Asmat menyebutkan dipilihnya Kota Merauke mejadi ibu kota Provinsi Papua Selatan, karena Merauke adalah kabupaten induk dari tiga kabupaten lainnya dan mempunyai sejarah terkait kabupaten pemekaran di sekelilingnya.
Thomas menambahkan sejumlah agenda penting akan dilakukan usai kesepakatan empat bupati dalam rapat terbatas tentang Percepatan Pemekaran PPS, Rabu kemarin.
Agenda penting tersebut dalah menggelar audensi dengan Gubernur Papua, DPRP Papua dan Majelis Rakyat Papua (MRP).
ADVERTISEMENT
Lalu selanjutnya diagendakan rapat kerja dengan komisi II DPR -RI awal Desember 2019 dan selanjutnya melakukan pembentukan Struktur dan personalia Tim Pemekaran.
"Kami berharap aspirasi masyarakat selatan Papua bisa ditindaklanjuti pemerintah pusat, karena ini adalah impian masyarakat sejak lama," ujarnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan